Lewati Iklan malesbanget.com

Keren, Seniman Disabilitas Ini Jago Melukis Pakai Mulut

Meskipun hidup keterbatasan, seniman disabilitas Ian Parker membuktikan kreativitas ke dunia membuat buku anak-anak dari hasil lukis menggunakan mulut

181   views

Kamibijak.id, Hiburan - Keterbatasan tidak menjadi halangan dalam menciptakan karya yang luar biasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang seniman disabilitas meskipun ada keterbatasan fisik.

Adalah Ian Parker, seniman disabilitas yang jago melukis menggunakan mulut. Baginya, seni merupakan salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi dengan dunia.

Meskipun mengalami kesulitan karena tangannya yang tidak bisa digunakan, Ian berhasil membuktikan kedunia bahwa dengan segala kekurangannya tidak menjadi penghalang dalam menunjukkan kreativitasnya. Ian memiliki cara yang unik dalam memegang kuas, dia menggunakan mulut dalam melukis karena tidak bisa menggerakkan tangannya.

Dilansir dari Metro.co.uk, Ian mengalami keterbatasan fisik karena menderita arthrogryposis multiplex congenita (AMC) atau penyakit yang menyerang sendi atau otot.

Efek yang ditimbulkan akibat kondisi ini membuat penderitanya merasakan sendi yang kaku atau otot yang abnormal, kondisi membuat penderitanya memiliki tangan, kaki, atau anggota badan lain yang tidak bisa ditekuk.

Ian sudah menyukai seni dan selalu menggambar di sekolah sejak kecil, dia sudah belajar mengendalikan cat dan meningkatkan keterampilannya. Dia belajar seni di sebuah universitas dan menyelesaikannya di tahun 1993. Setelahnya dia bekerja di Mouth and Foot Painting Artist, sebuah komunitas yang mempekerjakan 33 seniman di Inggris.

Berkat kerja keras yang dilakoninya menghasilkan 34 lukisan karya Ian diterbitkan dalam sebuah buku anak-anak berjudul Danny’s Dream, pemeran utama dalam ceritanya merupakan seorang anak disabilitas yang ditulis oleh Victor Margiotta. Buku ini adalah buku anak-anak pertama karya Ian yang dibuat oleh penyandang difabel.

Buku ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang merupakan atlet lari cepat di sekolahnya yang mengalami kecelakaan dan berpikir meraih medali emas dalam ajang lari cepat telah berakhir. Karena tekad dan semangat untuk tidak putus asa, anak lelaki tersebut memilih untuk menjalaninya dan mengubah jalan hidupnya.

Buku yang diselesaikan selama dua setengah tahun bersama Victor telah diluncurkan dan dijual di situs web Mouth and Foot Painting seharga 182.000 ribu.

"Buku ini memberikan efek yang positif dan sesuai dengan yang kami harapkan," katanya.

"Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan sesuatu yang berbeda," kata-kata yang ditulis oleh Victor.

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4148253/lukisan-keren-dari-mulut-seniman-disabilitas-hiasi-buku-cerita-anak

----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.