BijakFlash

Kemenkes Menyediakan Layanan Telemedisin untuk Pasien Terkonfirmasi Omicron

Bagi masyakarat yang terkonfirmasi Omicron, Kemenkes telah menyediakan layanan telemedisin dan begini cara untuk mendapatkannya.

450  views

Kamibijak.com, Flash – Saat ini Kemenkes telah menyediakan layanan telemedisin isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien yang terkonfirmasi Omicron. Pasien dapat menggunakan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis. Layanan ini dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. 

Kemenkes bekerjasama dengan 17 platform telemedisin, yakni Aido Health, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlinikDokter, Lekasehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok. 

Terdapat prosedur untuk mendapatkan layanan telemedisin isoman tersebut, yaitu:

  1. Pasien melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes. Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke NAR, maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Jika tidak, pasien dapat memeriksa NIK di situs https://isoman.kemkes.go.id. 

 

  1. Setelah mendapat WA pemberitahuan, pasien dapat melakukan konsultasi secara daring dengan dokter dari 17 layanan telemedisin. Dengan menekan tautan yang ada di pesan WA, lalu memasukan kode voucher untuk konsultasi dan paket obat gratis. 



  1. Setelah konsultasi, dokter akan memberikan resep dan dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Hanya pasien dengan kategori layak isoman yang akan mendapat obat dan vitamin secara gratis. 

Paket obat gratis yang disediakan, adalah:

  1. Paket A untuk pasien tanpa gejala, multivitamin C, B, E dan Zinc 10 tablet
  2. Paket B untuk pasien dengan gejala ringan, multivitamin C, B, E dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg (jika diperlukan).

”Sasaran layanan telemedisin Isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek,” ujar Nadia selaku Jubir Vaksinasu Covid-19, yang dikutip dari merahputih.com.(KEI/MG). 

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pasien-terkonfirmasi-omicron-kini-dapat-layanan-telemedisin-isoman-begini-cara-memperolehnya 

#BijakFlash

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.