KabarBijak

Kemenaker Memaparkan Program Latihan Kerja di EWG G20

Kemenaker paparkan program latihan kerja di beberapa tempat.

93  views

Kamibijak.com, Infosiana Anwar Sanusi selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sekaligus Chair Employment Working Group (EWG) Group of Twenty (G20), memaparkan program ketenagakerjaan yang dicetuskan di Indonesia di depan para anggota delegasi G20. 

Anwar menjelaskan, salah satu program yang paling unggul adalah community base vocation all training atau pelatihan berbasis komunitas untuk meningkatkan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. 

“Program ini ditawarkan pemahaman bahwa terminologi yang akhirnya akan mereka adopsi ada yang namanya vocational training yang memang dilakukan atau dapat dikatakan dimiliki oleh masyarakat,” ujar Anwar Sanusi saat menghadiri pertemuan EWG G20 di Hotel Ayana, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (13/9/2022). 

Selanjutnya, salah satu program yang diberikan adalah pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di pesantren, pasramanaran, dan lain sebagainya. Ternyata, hasil dari program tersebut membuat para santri di pesantren itu bisa menghasilkan produk UMKM sendiri. Lebih lanjut, Anwar menyebutkan, pihaknya mendapat masukan agar BLK komunitas ini bisa diadopsi oleh negara lain, seperti India, Brasil, dan Argentia yang sama-sama memiliki kondisi yang sama dan tertarik dengan namanya community base vocational training tersebut. 

Pertemuan EWG ini dilaksanakan sebanyak tujuh kali menjelangan waktu presidensi G20 di Indonesia. Beberapa isu ketenagakerjaan yang dibahas adalah akses pekerjaan yang sama untuk kaum disabilitas, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan strategi menghadapi kecerdasan manusia Artificial Intelligence (AI) di sektor ketenagakerjaan. (MG/Alissa)

Sumber : Kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.