BijakFlash

Kemenag: Ada 146 Madrasah Ramah Disabilitas

Kementerian Agama berkata bahwa ada 146 madrasah yang ramah disabilitas.

1,190  views

Kamibijak.com, Flash – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa 146 madrasah di Indonesia telah meningkatkan fasilitas dan layanan untuk menyediakan lingkungan yang ramah bagi disabilitas. 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, M Ali Ramdhani, menyatakan bahwa penyesuaian regulasi dan tindakan nyata telah dilakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada anak berkebutuhan khusus. "Kami telah melakukan penyesuaian regulasi dan aksi nyata agar dapat memberikan layanan terbaik untuk anak berkebutuhan khusus," ujarnya.

Dalam upaya mendukung madrasah yang inklusif, Kemenag membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pendidikan Islam Inklusif yang beroperasi di 43 daerah dengan 2.274 anggota dari berbagai latar belakang profesional. Jumlah siswa disabilitas di lembaga pendidikan di bawah Kemenag mencapai 43.327 siswa, dan Kemenag berharap bahwa perbaikan fasilitas dan layanan tersebut, bersama dengan kehadiran Pokja, dapat memberikan pendidikan yang baik bagi ribuan penyandang disabilitas. "Telah pula dibentuk pokja yang kini tersebar di 43 daerah dengan 2.274 anggota, terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas madrasah, akademisi, fasilitator, dan guru pembimbing khusus," kata Dhani.

Dalam konteks ini, Dhani menekankan bahwa penyandang disabilitas juga memiliki peran sebagai aktor pembangunan, bukan hanya sebagai objek. Eny Retno Yaqut, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag, menegaskan bahwa perhatian Kemenag terhadap penyandang disabilitas bukan sekadar jargon. Eny mendorong Kemenag untuk tidak hanya menunggu laporan, tetapi secara aktif memastikan bahwa penyandang disabilitas mendapatkan akses pendidikan. Dia juga menekankan pentingnya pendidikan Islam inklusif sebagai bagian integral dari ekosistem pendidikan inklusif yang melibatkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti dokter, psikiater, psikolog, tenaga ahli, dan akademisi perguruan tinggi. (Zevazan/MG)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 

Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.