BijakFun

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Konsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan

Menjadi buah wajib saat berbuka puasa, yuk kenal lebih jauh buah kurma yang kaya manfaat dan nutrisi bagi tubuh

965   views

Kamibijak.com, Hiburan. Buah kurma merupakan buah yang wajib ada saat berbuka puasa. Ada yang mengatakan bahwa bagi orang yang sedang berpuasa memang disarankan untuk memakan buah kurma dalam jumlah ganjil. Di samping itu, buah asal Timur Tengah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan manfaat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Dilansir dari merahputih.com yang mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat buah kurma yang perlu kamu tahu sebagai buah yang dianjurkan sebagai menu buka puasa ini.

1. Mencegah sembelit
Sebuah penelitian menyatakan bahwa buah kurma merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Bagi kamu yang memiliki masalah buang air besar bisa mengkonsumsi buah kurma sehingga bisa membantu proses buang air besar sehingga bisa mencegah sembelit.

2. Mencegah Alzheimer
Penyakit alzheimer merupakan penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua dan dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak. Dalam mencegah penyakit alzheimer disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. Menurut studi laboratorium, buah kurma bermanfaat untuk menurunkan tada peradangan, seperti contoh interleukin 6 (IL-6) pada otak. Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak ingin cepat pikun bisa mengkonsumsi buah kurma.

3. Cocok untuk diet
Buah kurma merupakan buah yang kaya akan serat dan kandungan kalori yang tinggi sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Buah ini memiliki tekstur yang lengket sehingga bisa sebagai pengikat makanan yang dipanggang. Selain itu, buah ini bisa dikombinasikan dengan kacang dan biji-bijian.

4. Bernutisi tinggi
Buah kurma merupakan buah yang tidak mengandung air dan memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah segar lainnya. Jumlah kalori dalam buah kurma mirip seperti kismis dan buah ara. Jumlah kalori buah kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari jumlah protein yang kecil. Selain jumlah kalori yang tinggi, buah kurma juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

5. Bantu persalinan normal
Penelitian juga menemukan bahwa buah kurma dapat membantu persalinan secara normal karena pengaruh pada dilatasi serviks jika dikonsumsi minggu-minggu terakhir sebelum persalinan.

Itulah manfaat buah kecil ajaib satu ini yang sangat baik bagi tubuh. Yuk perbanyak konsumsi buah segar kaya manfaat seperti buah kurma.
Sumber:
https://merahputih.com/post/read/kaya-nutrisi-ini-5-manfaat-buah-kurma

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.