BijakFun

Kacamata Canggih Buatan Mahasiswa Surabaya, Inovasi Baru Untuk Tuli

Dukung Kemajuan Teknologi Ramah Disabilitas, Mahasiswa PENS Berikan Inovasi Kacamata Pintar Untuk Bantu Komunitas Tuli.

464  views

KamiBijak.com, Hiburan - Adanya dukungan program ramah bagi disabilitas perlu dilakukan dalam berbagai hal termasuk inovasi teknologi. Hal ini diwujudkan oleh tim mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dengan membuat inovasi kacamata pintar untuk dapat membantu komunikasi penyandang disabilitas rungu atau komunitas Tuli, bahkan produk inovasi ini sudah banyak dipesan oleh konsumen luar negeri.

Fatima Nurul Azizah, selaku perwakilan mahasiswa PENS menjelaskan terkait inovasi kacamata pintar ini, Tulibot merupakan Smart Glasses inovasi teknologi berbasis speech to text artificial intelligence yang dibuat oleh tim mahasiswa PENS dapat mendeteksi audio dari lawan bicara teman Tuli dan mengubah menjadi subtitle atau sebuah teks pada lensa kacamata sehingga dapat membantu komunikasi dengan disabilitas Tuli.  

“Suara lawan bicara akan dikover menjadi tulisan secara real time. Ini kami kembangkan untuk memahami apa yang dibicarakan lawan bicaranya,” ujar Fatima.

Tulibot hasil inovasi karya mahasiswa Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi ini telah melewati uji coba kepada sejumlah teman Tuli di Surabaya. Produk ini mendapat respon dan tanggapan yang positif dari teman Tuli. 

“Jadi mereka bilang ini enak karena bisa langsung tahu apa yang dibicarakan orang. Selain itu juga enteng dipakai meski ada mini LCD yang dipasang di kacamata.” tambah Fatima.

Diketahui selain teknologi “speech to text artificial intelligence” keunggulan lain dari Tulibot ini juga memiliki sistem yang dapat mengidentifikasi siapa yang sedang berbicara dan memberikan konteks yang lebih jelas dalam percakapan. (Faridz/MG) 

Sumber: sindonews.com 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.