BijakFun

Junior Caesar, Remaja Down Syndrome yang Pandai Bernyanyi

Remaja asal Bandung ini buktikan bahwa anak down syndrome juga pandai bernyanyi.

4,625  views

Kamibijak.com, Hiburan – Sebagian masyarakat masih saja menganggap jika anak down syndrome tidak bisa berbicara dengan lancar terlebih lagi untuk bernyanyi. Namun, anggapan itu keliru karena tidak semua anak disabilitas seperti itu adanya. Contohnya Junioar Caesar, remaja asal Bandung yang didiagnosa down syndrome ternyata bisa berbicara dan pandai bernyanyi.

Menurut Rita Suryati, selaku ibu Junior, anaknya tersebut sudah senang bernyanyi sejak bisa berbicara yaitu di usia 6 tahun. Sebagai sang ibu, Rita tentunya ikut mendukung dan memfasilitasi keperluan anaknya tersebut. Ia mulai membelikan alat karaoke, alat musik, hingga mengikutsertakan les vokal atau alat musik. Kemampuan Junior tidak luput dari pandangan miring orang sekitar dan sempat diremehkan. 

“Ada orang bilang kalau anak Down Syndrome itu tidak akan pernah bisa nyanyi, karena jangankan nyanyi, bicara aja kadang enggak bisa atau enggak jelas lafalnya. Kalo anak DS nyanyi nanti akan ditertawakan atau jadi bahan tertawaan penonton,” ujar sang ibu, kepada Disabilitas Liputan6.com melalui pesan teks, pada Senin (1/8/2022).

Rita, sebagai orang tua tentunya mengetahui kemampuan sang anak. Ia bertekad untuk membuktikan kepada khalayak bahwa pandangan miring tersebut salah. 

“Saya sebagai orangtua yang tahu persis kemampuan anak saya sendiri, saya bertekad untuk membuktikan bahwa omongan itu tidak benar, saya ingin membuktikan bahwa anak Down syndrome juga bisa nyanyi,” ujarnya. 

Ia juga menambahkan bahwa dirinya tidak banyak berharap bahwa anaknya harus menang dalam ajang menyanyi tersebut. Ibu dari tiga anak ini sangat bersyukur, sang anak (Junior) selalu ada perkembangan baik dari tahun ke tahun. 

Kini usia Junior 16 tahun dan aktif untuk latihan karaoke. Melihat hal ini, Rita memberikan pesan kepada orang tua yang sama dengannya (memiliki anak berkebutuhan khusus) untuk tidak putus asa untuk mendukung ada mendidik anak-anaknya.

Di balik perjuangan Rita dalam mengurus Junior, ia sendiri mendapatkan banyak sekali pembelajaran dalam hidupnya. (MG/Alissa)

Sumber : Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.