KabarBijak

Jokowi Menghadiri Groundbreaking Bandara IKN

Jokowi menghadiri groundbreaking bandara IKN, ditargetkan beroperasi penuh pada Desember 2024.

644  views

KamiBijak.com, Infosiana – Presiden Jokowi menghadiri groundbreaking Bandar Udara IKN pada Rabu (1/11/2023). Jokowi mengatakan kehadiran Bandara IKN penting karena mobilitas di IKN ke depan akan semakin padat.

Jokowi berkata, "Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat semakin padatnya kegiatan di IKN, semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN. Dan Bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara." Jokowi mengatakan bahwa, Bandara IKN memiliki luas 347 hektar dengan runway 3.000 kali 45 meter, dan dapat melayani pesawat berbadan besar. Ditargetkan pembangunan IKN selesai tahun depan dan beroperasi penuh pada Desember 2024. Jokowi berkata, "Ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024, tetapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024."

Jarak Bandara IKN menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sekitar 35 km atau bisa ditempuh dalam waktu 45 menit melalui jalur eksisting.  Sementara bila menggunakan jalan akses bandara jarak tempuh diperkirakan 18 menit dengan kecepatan 40 km/jam dan 80 km/jam melalui jalan bebas hambatan. Kehadiran bandara ini akan membuat IKN akan semakin terbuka dan mudah dijangkau  dari mana saja.

Selain itu, Bandara IKN akan dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi supaya penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik. Jokowi menambahkan, "Dan Bandara IKN ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik dan semakin mudah dijangkau dari manapun. Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses." (Zevazan/MG)

Sumber: kumparan.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.