BijakFlash

Jakarta Kembali Lagi Jadi Polusi Udara Tertinggi di Dunia, Simak Cara Kurangi Polusi Udara

Jakarta memiliki polusi udara tertinggi lagi di dunia, Gelora Bung Karno menjadi 10 lokasi terpolusi, simak cara mengurangi polusinya.

1,393  views

Kamibijak.com, Flash – Dari dua aplikasi pemantau polusi udara bahwa polusi udara pada Kamis, 31 Agustus 2023, sekitar pukul 6 pagi kabar yang buruk bagi warga Jakarta dan sekitarnya. IQAir berkata bahwa Jakarta adalah kota terpolusi sedunia dengan PM 2,5 sebesar 123,8 µg/m3, yang artinya berada di kategori tidak sehat. Sementara aplikasi Nafas mengatakan bahwa wilayah Tarumajaya, Bekasi, sebagai tempat terpolusi di Indonesia.

Dari dua aplikasi pemantauan polusi udara kita bisa melihat bahwa Indonesia sedang buruk udaranya, ada beberapa wilayah menurut Nafas yang terpolusi di Indonesia yaitu:

-Tarumajaya (Bekasi) - 171 µg/m3

-Kembangan Selatan (Jakarta Barat) -149 µg/m3

-Lengkong Wetan (Tangerang Selatan) - 142 µg/m3

-Tanjungsari (Surabaya) - 137 µg/m3

-Palmerah (Jakarta Barat) - 132 µg/m3

-Kertajaya (Surabaya) - 128 µg/m3

-Jelupang (Tangerang Selatan) - 125 µg/m3

-Punggul (Sidoarjo) - 122 µg/m3

-Serpong (Tangerang Selatan) - 122 µg/m3

-GBK-Plaza Utara (Jakarta Pusat) - 120 µg/m3

Sudah kelihatan bahwa Indonesia udaranya sedang buruk, Indonesia harus mengurangi polusi supaya udaranya sehat Kembali. Berikut cara-cara mengurangi polusi udara.

  1. Meminimalisir Penggunaan Kendaraan pribadi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi polusi udara di Indonesia adalah dengan meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi. Polusi udara bisa terjadi karena sudah banyak sekali asap pembuangan yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan mau itu mobil atau motor.

 

      2. Merawat Mesin Kendaraan Secara Rutin

Kendaraan yang tidak dirawat dengan baik atau rutin kendaraan itu lebih berisiko mencemari udara di sekelilingnya. Hal tersebut disebabkan karena mesinnya yang bermasalah serta oli yang tidak pernah diganti.

 

      3. Menggunakan Transportasi Umum

Alangkah baiknya dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas setiap hari, lebih baik jika kita menggunakan transportasi umum karena transportasi umum sudah dimana-mana sekarang.

 

     4. Berjalan Kaki atau Bersepeda

Bagi kalian yang memiliki tempat tujuan yang dekat dari tempat tinggal ke tujuan kalian, tidak ada salahnya untuk mencoba berjalan kaki atau bersepeda. Selain mengurangi polusi kedua aktivitas ini membuat fisik tubuh kita lebih sehat dan bugar.

 

     5. Membuat Taman di Halaman Rumah 

Membuat taman di halaman rumah akan membuat udara di sekitar rumah terasa lebih segar. Jika tidak punya lahan yang luas masih ada solusi lain seperti berkebun dengan cara hidroponik. Ketika semua orang melakukan hal ini dirumahnya, kualitas udara akan membaik dan lebih sehat udaranya membuat kita bisa beraktivitas dengan tenang di luar rumah. (Zevazan/MG)

Sumber: tempo.co dan Zurich.ac.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.