KabarBijak

Isu AS Tuding Tiongkok Sebar COVID-19, Ini Tanggapan Pengamat Intelijen Stanislaus Riyanta

Pengamat Intelijen, Stanislaus Riyanta menilai bahwa Isu Tiongkok Sebagai Negara Penyebar COVID-19 oleh AS tidak benar

349   views

Kamibijak.com, Infosiana - Pengamat Intelijen dan Keamanan Negara, Stanislaus Riyanta, menanggapi isu terkait Tiongkok yang dituding sebagai negara penyebar virus covid-19 oleh Amerika Serikat. Ia berpendapat, isu itu tidak tepat.

Stanislaus Riyanta mengatakan isu itu dinyatakan oleh kelompok The Five Eyes yang merupakan kelompok pro Amerika Serikat dan bukan dari pihak yang netral. Bahkan, The Five Eyes menuding covid-19 sengaja dihembuskan Tiongkok dengan tujuan ekonomi.

Mengenai laporan investigasi Aliansi Intelijen The Five Eyes yang dibahas di berbagai media, laporan yang diungkap mengungkap adanya upaya Tiongkok untuk menyembunyikan atau menghancurkan bukti terkait penyebaran virus corona. Laporan tersebut dibuktikan dengan ditemukannya sedikitnya 6 fakta yang ditutupi pihak Tiongkok terkait penyebaran COVID-19 oleh Aliansi Intelijen The Five Eyes yang terdiri dari Intel Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia dan Selandia Baru.

Stanislaus mengatakan jika kita telusur lebih dalam sebenarnya isu ini dilatarbelakangi oleh adanya perang dagang di antara kedua negara tersebut sehingga kedua negara ini saling lempar tanggung jawab terkait wabah covid-19. Jika dipahami lagi, dampak dari pandemi ini dimanfaatkan oleh kedua negara untuk perang dagang. "Jadi Tiongkok menyerang Amerika dan Amerika juga menyerang Tiongkok," jelas Stanislaus kepada wartawan di Jakarta, Minggu (3/5).

Terkait isu ini, Stanislaus mengatakan bahwa pandemi covid-19 menjadi babak baru perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok yang semakin agresif. Namun jika hal ini saling berperang secara tidak sehat, akan muncul perang bio terorism yang sangat berbahaya.

"Karena jika tuduhan Tiongkok terhadap Amerika itu benar, atau tuduhan Amerika terhadap Tiongkok itu benar, maka itu sudah merupakan suatu perang bio terorism," jelas anggota prograk doktoral Intelijen Universitas Indonesia ini.

Stanislaus mengakui bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan Pemerintah Indonesia supaya tidak terjebak dalam perang yang dilakukan kedua negara baik perang dagang maupun yang terburuknya yaitu bio terorisme. Dengan adanya momen pandemi COVID-19 ini, Stanislaus menilai bahwa momen ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk lebih meningkatkan kemandirian bangsa. "Kalau kekuatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, maka ini bisa menjadi titik tolak kita untuk bangkit," pungkasnya.

Sumber:

q1https://merahputih.com/post/read/pengamat-intelijen-ungkap-motif-as-tuduh-tiongkok-penyebar-virus-covid-19


#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
Tag: tiongkok,covid 19,virus corona,tiongkok sebarkan corona,tiongkok sebarkan covid 19,stanislaus riyanta,kontroversi virus corona,kamibijak,kami bijak