BijakFun

Intip Fashion Show Batik Ciprat di Karnaval Wonogiri Hasil Karya Kaum Disabilitas!

Batik Ciprat Karya Kaum Disabilitas dipamerkan pada saat menyambut Hari Kemerdekaan ke-77

175  views

Kamibijak.com, Hiburan – Batik Ciprat karya kaum disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, dipamerkan pada acara karnaval kebangsaan di Kecamatan setempat pada Kamis 18 Agustus 2022, dengan cara melakukan fashion show

Pada karvanal tersebut diikuti oleh 22 orang yang terdiri dari 13 model yang mengenakan busana Batik Ciprat dan sisanya kaum disabilitas yang sekaligus seorang seniman Batik Ciprat. 

Acara tersebut dimulai dari Lapangan Desa Miri lalu berjalan sejauh dua kilometer menuju panggung di Lapangan Kecamatan Kismantoro, dan sebelumnya juga berhenti sempat singgah di Jembatan Miri. Pada saat singgah itu, 13 model tadi langsung unjuk kebolehannya dengan megal-megol di jalanan. 

Pada saat para model tersebut menunjukkan aksinya, terdapat dua orang disabilitas, Tekat dan Suro, terlihat begitu antusias. 

“Kami memberikan hak yang sama kepada warga disabilitas dalam menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Kami juga ingin menegaskan Desa Pucung adalah desa inklusif yang sangat memerhatikan masyarakat marginal, khususnya disabilitas,” ujar Yoyok Ernowo, selaku Ketua Pengelola Batik Ciprat Pucung, kepada Solopos.com pada Kamis. 

Menurut data, terdapat 60 kaum disabilitas di Desa Pucung tersebut. Mereka mulai dilatih agar produktif dan tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja sejak 2017. Setelah diberikan pelatihan, sebanyak 10 kaum disabilitas masih tetap bertahan menjadi seniman Batik Ciprat sampai saat ini, termasuk di antaranya Tekat dan Suro. 

Seperti yang diketahui, Batik Ciprat merupakan ikon dari Desa Pucung. Namun, selain melakukan fashion show Batik Ciprat, Desa Pucung juga menampilkan kesenian ketoprak dan potensi wisata. 

Camat Kismantoro, Sularto, mengatakan bahwa karnaval yang diadakan pada 18 Agustus 2022 itu diikuti oleh 18 kontigen, yang dimulai pada pukul 12.30 WIB. Pada kegiatan itu, dibagi menjadi dua tempat, yaitu Lapangan Desa Miri dan Lapangan Desa Gedawung. (MG/Alissa)

Sumber : solopas.com 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.