Lewati Iklan malesbanget.com

Inspiratif! Di India ada Sekolah Mengemudi Khusus Disabilitas

Kumar, pria berusia 48 tahun asal Ahmedabad, India ini terlahir tanpa lengan. Ia melakukan ekspedisi dengan mobil dan Ia  menciptakan rekor nasional

128   views

Kamibijak.com, Flash. Kini penyandang disabilitas di India tidak perlu khawatir bila ingin mengendarai kendaraannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Adalah Harish Kumar, seorang teknisi dan pecinta dunia otomotif ini membangun sekolah menyetir khusus disabilitas pertama di Indonesia.

Kumar, pria berusia 48 tahun asal Ahmedabad, India ini terlahir tanpa lengan di bawah sendi siku sebelah kanan. “ Saya lahir dengan tidak adanya anggota tubuh kanan dibawah sendi siku. Awalnya saya sedih dengan keadaan yang membuat saya tidak seperti orang lain, saya tidak punya dua tangan tetapi karena saya semakin tua saya terbiasa. Itu adalah sesuatu yang harus saya terima,” ujar Harish, dikutip dari  Liputan6.com.

Setelah menyelesaikan pendidikan Magister Teknologi di Indian Institute of Technology (IIT) Delhi. Haris sempat bekerja di perusahaan telekomunikasi dan menjabat sebagai general manager. 

Namun posisi yang nyaman, dan penghasilan tetap, ternyata tidak membuat Kumar merasa senang dengan bekerja di belakang meja. Maka setelah 18 tahun bekerja di perusahaan itu, ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya pada tahun 2012 dan mulai mengikuti hobinya yakni di bidang otomotif.

Setahun setelah Ia re-sign dari pekerjaannya, Kumar melakukan ekspedisi dengan mobil dan Ia  menciptakan rekor nasional yakni menjadi disabilitas fisik pertama yang mampu menyelesaikan tur rute mengelilingi India secara solo yang berjarak 15.963 km dan memakan waktu kira-kira satu bulan.

Ekspedisi yang dinamakan Golden Quadrilteral yang rutenya melalui lima kota besar India yakni Ahmedabad, Delhi, Kolkatta, Chennai, Mumbai dan kembali ke Ahmedabad. Perjalanan ini tercatat dalam Limca Book of Records.

Selama dirinya melakukan ekspedisi ini, Ia menyita perhatian masyarakat sekitar yang dilewatinya. Terutama dari kalangan penyandang disabilitas yang terinspirasi oleh apa yang dilakukan Kumar dan ingin diajari menyetir juga.

Maka setelah mendapati fakta bahwa tidak memadainya sekolah mengemudi khusus disabilitas serta tingginya antusias dari penyandang disabilitas yang ingin menyetir juga, akhirnya Harish membangun sekolah menyetir untuk mereka dengan kebutuhan khusus.

“Sejauh ini, 150 orang telah bergabung dalam sekolah menyetir, mendapat pelatihan dan lisensi atau surat izin mengemudi,” ungkap Harish.

Tak berhenti disitu, Harish juga telah menuliskan kisah-kisah tentang keberhasilan para penyandang disabilitas dalam mendapatkan surat izin mengemudi, serta suka dan dukanya menjalani profesinya kini yang berjudul “Ability in Wheels.”

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/...

----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.