BijakFun

Inovasi, Kacamata AR Membantu Seorang Tuli Terlibat dalam Percakapan

Kacamata AR berinovasi dengan membantu seorang Tuli untuk terlibat dalam percakapan secara langsung.

116  views

KamiBijak.com, Hiburan – Perkembangan teknologi saat ini memudahkan semua orang, termasuk seorang Tuli. Seperti halnya, kacamata AR membantu seorang Tuli untuk terlibat dalam percakapan sehari-hari dengan melihatnya melalui subtitle.

Dilansir dari Euronews, Dan Scarfe merupakan pendiri sebuah perusahaan baru yang telah menemukan cara untuk membuka percakapan bagi seorang Tuli dan sulit mendengar. Ide ini muncul di benaknya ketika acara Natal bersama keluarganya tahun lalu.

Awalnya, Scarfe menyaksikan kakeknya berusia 97 tahun yang mengalami gangguan pendengaran berjuang untuk terlibat dalam percakapan dengan anggota keluarga lainnya. Hal ini yang menginspirasi dirinya untuk menemukan solusi untuk membuat inovasi bagi seorang Tuli untuk dapat berpartisipasi dalam percakapan secara real-time.

“Sekarang sampai pada titik di mana ia benar-benar hanya duduk diam. Kemudian saya pikir, baiklah, tunggu sebentar. Ia menonton TV sepanjang waktu dengan subtitle. Mengapa kita tidak bisa membuat subtitle dunia (subtitle yang terlihat dalam kegiatan sehari-hari)?” ujar Scarfe kepada Euronews.

Enam bulan kemudian, perusahaannya dalam kemitraan dengan produser kacamata Augmented Reality Nreal (ARNreal) telah meluncurkan Kacamata XRAI.

Kacamata AR ini terhubung dengan ponsel yang menangani pemrosesan dan pembuatan grafik. Seorang Tuli yang menggunakan kacamata AR dapat memahami apa yang dibicarakan lawan bicaranya. Bahkan dengan tersambungnya kacamata ini dengan ponsel, seorang Tuli dapat memahami percakapan yang sedang terjadi lewat telepon. 

Tujuannya adalah dengan menggunakan kacamata ini seorang Tuli dapat memahami percakapan tanpa perlu membaca gerak bibir ataupun bahasa isyarat lawan bicaranya.

“Apa yang dilakukan perangkat lunak kami secara efektif adalah mengambil umpan audio dari mikrofon pada kacamata ini [dan] mengirimkannya ke telepon,” jelas Scarfe.

Scarfe menegaskan, bahwa data percakapan hanya akan disimpan di perangkat pribadi pengguna, bukan di suatu tempat di cloud, dan akan sepenuhnya dimiliki oleh pengguna.

“Di telepon kami secara efektif mengubah audio itu menjadi teks tertutup dan kemudian, menggunakan perangkat lunak Nreal itu, kami dapat memproyeksikan subtitle itu ke dunia nyata” lanjutnya.

Kacamata XRAI baru memunculkan layanan untuk pertama kalinya kepada sekitar 100 penguji beta. Perusahaan akan terus berinovasi untuk menyempurnakan kacamata ini.

“Sehingga kemudian kami berharap jika kami beruntung maka kami akan mencapai ketersediaan umum pada bulan September,” kata Scarfe. (MG/Nadia)

Sumber: Liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.