BijakFlash

Inilah Rekomendasi Kota Pecinan yang Cocok Jadi Tempat Wisata Usai Pandemi

Inilah beberapa kota di Indonesia yang terkenal dengan wisata pecinan khas penduduk Tionghoa, Jakarta salah satunya.

332   views
Kamibijak.com, Flash – Setiap negara atau kota, pasti memiliki Chinatown atau yang biasa dikenal dengan Kawasan Pecinan. Yaitu sebuah wilayah kota yang penduduknya kebanyakan dari keturunan Tionghoa di luar negara Cina, Hongkong, Macau atau Taiwan. Biasanya daerah Pecinan terdapat di tengah kota. 

Di sejumlah kota besar di Indonesia juga terdapat Chinatown dengan sejarah budaya komunitas warga dengan keturunan Tionghoa. Bagi teman-teman yang ingin menikmati suasana dan mempelajari kebudayaan Tionghoa di Kawasan Chinatown di Indonesia, inilah daftar Kawasan Chinatown terbaik yang wajib teman-teman kunjungi berdasarkan keunikan dan nilai sejarahnya.

1. Chinatown Jakarta - Kawasan Glodok
Beragam penduduk keturunan Tionghoa di Ibukota Jakarta membentuk sebuah Kawasan mukim yang memiliki khas pecinan yang terkenal dengan nama Kawasan Pecinan atau Chinatown di daerah Glodok. Walaupun sudah berusia ratusan tahun, bangunan ini masih bertahan dengan ciri khasnya. Di tempat ini kamu bisa menemukan banyak peninggalsan sejarah, toko-toko yang menjual pakaian, elektronik dan juga makanan yang ada sejak tahun 1990-an. 

2. Chinatown Semarang - Kawasan Kauman
Tidak hanya di Jakarta, Kota Semarang juga terkenal dengan Chinatown yang meriah dan menarik untuk dikunjungi. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Chinatown di Semarang adalah ketika menjelang imlek, karena ada ada acara yang rutin digelar yaitu pasar malam Semawis. Di pasar ini kamu bisa menemukan ornament khas imlek, pertunjukan meriah, dan juga kuliner khas pecinan yang membuatnya menjadi Kawasan pecinan di Indonesia yang tidak pernah sepi. 

3. Chinatown Surabaya - Kawasan Kya kya
Daerah Pecinan di Surabaya terkenal dengan nama Kya Kya dan juga merupakan daerah Pecinan yang terpopuler di Indonesia. Di tempat ini, kamu bisa menemukan Rumah Abu keluarga Han yang jadi cagar Budaya. Selain itu, kamu bisa berkunjung ke klenteng Hok An King yang merupakan satu-satunya klenteng Dewa Makco di Surabaya. 
DI klenteng ini, kamu bisa menikmati pertunjukan budaya dan juga menikmati makanan khas pecinan dan juga makanan khas Surabaya.

4. Chinatown Kalimantan – Singkawang
Di Pulau Kalimantan, daerah Singkawang memang menjadi daerah dengan komunitas Tionghoa terbesar di Indonesia. Gaya hidup, budaya dan arsitektur pecinan dapat dengan mudahnya kamu temui di kota ini. Apalagi saat perayaan besar seperti perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang menjadi puncak wisata untuk kota ini. Ketika Cap Go Meh, Singkawang memiliki pawai besar, berbagai macam acara, dekorasi dan juga pertunjukkan. (KEI/MG)

Sumber: https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/wisata-kawasan-pecinan-di-indonesia-acc/24844

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============
TAG(S): pecinan,kota pecinan,kawasan pecinan,wisata pecinan,wisata kota pecinan,rekomendasi wisata pecinan,rekomendasi wisata kota pecinan,daftar kawasan pecinan di indonesia,chinatown,china town indonesia,pecinan semarang,pecinan kalimantan,pecinan surabaya,pecinan jakarta,kamibijak,kami bijak