BijakFun

Inilah Proses Ijab Kabul Pasangan Insan Tuli Beragama Islam

Bagaimana proses Ijab Kabul pasangan Tuli dan proses pengurusan KUA? Simak artikel di bawah!

126  views

Kamibijak.com, Hiburan– Dua insan Tuli yang tidak dapat mendengar dan sulit mengucapkan lafaz ijab Kabul satu sama lain, maka proses pernikahan bagi pasangan insan Tuli dilakukan dengan cara berbeda.

Ijab Kabul yang pada umumnya diucapkan secara lisan diganti menjadi bahasa isyarat. Ketua Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia atau Gerkatin juga setuju dengan hal tersebut.

Harus ada pendamping calon mempelai yang merupakan penerjemah bahasa isyarat. Tak hanya menerjemahkan lafaz ijab Kabul, namun juga menjembatani bahasa tausiah pernikahan hingga pengurusan administrasi di KUA.

Selama ini, masih ada beberapa insan Tuli yang berusaha mengucapkan lafaz Ijab Kabul secara verbal namun malah membuat wali nikah tidak mengerti dan juga berpengaruh pada ketentuan hukum Islam dalam pernikahan.

Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam, Muhammadiyah Amin mengatakan harus ada koordinasi dan pembicaraan lebih lanjut mengenai proses administrasi di KUA terhadap pelayanan terutama penyandang disabilitas.

Karena rata-rata setiap tahunnya terdapat 2 juta pasangan yang menikah dan petugas KUA belum tentu dapat mengidentifikasi mana mempelai yang merupakan insan Tuli dan mana yang bukan. (MG/Luther)

Sumber: difabel.tempo.co 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel     
 
Follow kami juga di sini: 

 

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

 

=======================================================================

TAG(S):teman tuli,ijab kabul,media ramah disabilitas,kamibijak,