BijakFun

Inilah Beberapa Film Tentang Perjuangan Difabel Melawan Diskriminasi

Tujuh film dibawah ini cocok untuk menggambarkan penyandang disabilitas yang melawan diskriminasi yang tidak merata.

1845   views

KamiBijak.com, Hiburan - Ada tujuh film yang bertemakan tentang difabel diputar dalam Festival Film Dokumenter yang berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta (1-7/12/19). Tujuh film yang bertema kan difabel itu diproduksi oleh sineas Tanah Air. 

Film tentang difabel yang diputar dalam festival itu adalah Alun karya Riani Singgih, Menjadi Agung (Yovista Ahthajida), Aisyah (Ahmad Syafi’i Nur Illahi), Saling (Ridho Fisabilillah), Menjadi Teman (Aji Kusuma), Bulu Mata Kaki (Firman Fajar Wiguna), Apa di Kata Nadakanlah (Gracia Tobing), dan Indra Kaki (Ihsan Achdiat).

Film Alun sendiri menceritakan tentang seorang penari tuli yang bernama Isro, ia hidup di Ibu Kota untuk mengajarkan tari kepada anak-anak, Riani sang produser juga mengatakan bahwa untuk menggarap film ini bukan lah hal yang mudah, ia pun juga belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi langsung dengan Isro. 

Ada juga film Bulu Mata Kaki, yang bercerita sosok Kuswati wanita penyandang disabilitas fisik yang bekerja sebagai pembuat bulu mata. Pekerjaan ‘ngidep’ menjadi salah satu mata pencaharian besar untuk sebagian warga tetapi upah yang didapatkan sangatlah murah atau bahkan jauh dari biaya hidup mereka. 

Film Aisyah yang menceritakan tentang minimnya akses pendidikan bagi para penyandang disabilitas. Diceritakan Aisyah merupakan seorang siswi siswi tunarungu sebuah Sekolah Luar Biasa atau SLB di Sumbawa. Ia harus berjuang untuk mengambangkan bakat seninya. 

Perwakilan dari organisasi Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB), Muhammad Isma mengatakan film Aisyah merupakan salah satu gambaran pemerintah daerah dalam memberikan akses pendidikan bagi penyandang disabilitas. 

Pesan yang ingin diberikan dalam setiap film yang ditayangkan adalah untuk menghilangkan rasa diskriminasi yang dialami oleh teman-teman penyandang disabilitas. Sampai saat ini masih ada beberapa masyarakat yang memandang rendah para penyandang disabilitas. (GLOR/MG)

-----------------------------
Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1288098/sederet-film-tentang-difabel-untuk-melawan-diskriminasi    

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara 

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.