Ini Rahasia Tim KamiBijak untuk Menjadi Bahagia Sepanjang Hari!

Tim KamiBijak ingin berbagi hal-hal yang membuat mereka bahagia.

1,208  views

Kamibijak.com, Ruang KamiBijak – Gembira adalah perasaan yang tercipta ketika seseorang merasa senang, bahagia, dan puas dalam hidupnya. Perasaan ini bisa timbul karena berbagai hal, seperti pencapaian tujuan, keberhasilan dalam pekerjaan, memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang terdekat, atau bahkan hanya karena menikmati momen kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Gembira bisa membawa dampak positif pada kesehatan mental seseorang. Ketika seseorang merasa gembira, otak akan melepaskan hormon endorfin yang dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan mood yang baik. Selain itu, perasaan gembira juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memperkuat ikatan sosial seseorang dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, perasaan gembira juga bersifat sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Ada kalanya seseorang merasa gembira karena keberhasilan dan kesuksesan yang dicapai, namun bisa jadi juga merasa tidak gembira ketika mengalami kegagalan atau kesulitan dalam hidup. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk belajar mengelola perasaannya dan menemukan cara-cara untuk menjaga agar tetap merasa gembira dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak cara yang dapat membantu seseorang merasa gembira, seperti melakukan aktivitas yang disukai, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang dicintai, mengejar tujuan hidup yang bermakna, atau bahkan hanya beristirahat sejenak dari rutinitas yang padat. Hal yang paling penting adalah menciptakan lingkungan yang positif dan membangun hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar kita.

Dengan ini, tim KamiBijak juga membagikan hal-hal yang membuat mereka gembira. Kila salah satunya, ia mengatakan bahwa permen memberikan rasa gembira tersendiri baginya.

“Kalau bagi aku itu permen, karena rasanya manis jadi bikin aku seneng, apalagi kalau dimakan saat lagi stres. Rasanya seperti menghilangkan penat dalam sesaat gitu, terus kalau lagi ngantuk terus makan permen juga bikin seger dikit. Ya, jadi permen seperti multifungsi gitu buat aku, makanya setiap aku makan permen, perasaannya jadi lebih gembira dan seneng,” ujar Kila saat ditanya pada Jumat, (10/03/23).

Permen umumnya mengandung gula yang memberikan rasa manis menyenangkan pada lidah. Rasa manis ini dapat memicu pelepasan hormon endorfin dalam otak kita. Endorfin adalah zat kimia yang dapat memberikan rasa bahagia dan euforia pada kita, sehingga kita merasa lebih baik secara emosional.

Lain halnya dengan Restu, ia mengaku bahwa membaca buku yang memberikannya perasaan bahagia. 

“Dengan membaca buku, saya terlarut masuk ke dunianya. Misalnya, baca cerita perjalanan ke Eropa, saya benar-benar merasakan diriku ada di sana. Kalo baca biografi, saya jadi tahu sebagian besarnya tentang orang itu. Ada beberapa bagian tulisannya bisa jadi penyemangat diri sendiri,” jelasnya.

Buku adalah sumber pengetahuan yang tak ternilai. Saat kita membaca buku, kita dapat belajar tentang topik yang mungkin belum pernah kita kenal sebelumnya, dan membuka pikiran kita ke dunia baru. Hal ini dapat memberikan rasa bahagia karena kita merasa lebih cerdas dan terdidik.

Dalam kesimpulannya, merasa bahagia itu sangat penting untuk memperbaiki kesehatan mental seseorang. Meskipun bersifat sementara, perasaan gembira dapat membawa dampak yang baik pada kehidupan seseorang. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar mengelola perasaan kita dan menemukan cara-cara untuk menciptakan lingkungan yang positif di sekitar kita agar dapat merasakan perasaan gembira dalam kehidupan sehari-hari. (MG/Disha)

Sumber: Wawancara KamiBijak

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
perasaanKamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    
 
Follow kami juga di sini: