KabarBijak

Ini Dia Kunci Utama Cepat Mahir Berbahasa Isyarat

Agar mahir berbahasa isyarat dibutuhkan proses pemahaman serta pembelajaran yang terus-menerus. Belajar bahasa isyarat bisa menjadi lebih cepat

499   views

Kamibijak.com, Infosiana – Bahasa isyarat sama halnya dengan bahasa lainnya. Ketua Pusat Bahasa Isyarat Indonesia, Laura Lesmana Wijaya, mengatakan bahwa dalam proses pemahaman bahasa isyarat dibutuhkan waktu dalam proses belajar yang terus-menerus. 

“Di dalam proses pemahamannya itu butuh waktu yang terus menerus, gak berarti dalam sehari dua hari kita menjadi mahir berbahasa isyarat,” ujar Laura melalui juru bahasa isyarat dalam konferensi pers BNPB (8/8/2020). 

Ia juga menambahkan, ada sebagian orang memiliki kemampuan belajar dengan cepat, tapi ada juga yang tidak. Oleh karena itu, cara yang dapat membantu mengasah kemampuan berbahasa isyarat yaitu dengan belajar terus-menerus bersama guru Tuli. 

“Strateginya yaitu, misal untuk orangtua yang mendengar belajar bahasa isyarat, bertemu dengan guru Tuli terus menerus secara rutin itu akan meningkatkan kapasitas atau kemahiran mereka dalam berbahasa isyarat,” ucapnya.

Laura yang juga Disabilitas Tuli menyarankan agar orangtua atau siapapun yang ingin belajar bahasa isyarat harus mengambil kelas tersebut. Selain mengambil kelas bahasa isyarat, hal ini dapat meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi atau pertemuan langsung dengan teman Disabilitas Tuli. 

Di kelas mereka akan langsung diterapkan bahkan dipraktikkan sesi interaksi langsung dengan teman Tuli.

“Praktik langsung misalnya abjad A sampai Z dan menggunakannya di rumah dengan anak yang menyandang Tuli sambil mengajarkan menulis, ini termasuk literasi juga,” ujar Laura.

Selain mengajarkan abjad, orangtua yang sudah belajar bahasa isyarat bisa menerapkan pembelajaran mulai dari angka satu sampai sepuluh. Kemudian orangtua dapat memberitahukan cara penulisan angka-angka tersebut kepada anak. “Dimulai dengan hal-hal yang mendasar, itupun akhirnya akan membantu membuka komunikasi antara orangtua dan anak-anak. 

Lakukan setiap hari dan mungkin dalam 3 bulan itu dapat meningkatkan kemahiran,” tutupnya. (LEAS/MG)

Sumber: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4329685/kiat-mahir-berbahasa-isyarat-perlu-dipraktikan-terus-menerus

-----

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.