KabarBijak

Info Penting! Begini Fakta dari Banyak Mitos Soal Virus Corona

Ada banyak sekali informasi seputar pencegahan atau penanganan virus corona yang sering ditanyakan namun belum terbukti benar. Berikut beberapa mitos

260   views

KamiBijak.com, Infosiana. Virus corona atau Covid-19 yang mewabah sejak awal tahun 2020 telah menyebar ke seluruh dunia. WHO telah meningkatkan status Covid-19 menjadi pandemi global karena penyebarannya yang sangat cepat. 

Hal ini menimbulkan kecemasan global tak terkecuali di Indonesia. Banyak sekali berbagai informasi seputar fakta dan mitos seputar virus corona beredar di masyarakat. Berikut beberapa mitos dan fakta seputar virus corona yang benar dan penting untuk diketahui.

1. Apakah pengering tangan efektif membunuh virus?
Beredar rumor bahwa mesin pengering tangan dapat membasmi virus corona. Tidak sedikit orang yang percaya dengan rumor tersebut sehingga lebih memilih mengeringkan tangan menggunakan pengering tangan.

Faktanya mesin pengering tangan tidak mampu membunuh virus corona. Dalam upaya mencegah penularan virus corona, dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Jika tidak ada, bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.

2. Thermal scanner efektif mendeteksi orang yang terinfeksi?
Melalui laman resminya, WHO menginformasikan bahwa termometer panas efektif dalam mendeteksi orang yang terkena demam karena infeksi virus corona baru (Covid-19). Contohnya orang yang memiliki suhu tubuh tinggi di atas normal. 

Sayangnya, alat ini tidak bisa mendeteksi apabila orang yang terinfeksi belum menunjukan gejala.

3. Apakah menyiram tubuh dengan desinfektan seperti alkohol dan klorin mampu membunuh virus?
Menyiram tubuh dengan desinfektan seperti alkohol dan klorin hanya mampu membunuh virus dari luar tubuh saja. Sedangkan untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa dilakukan dengan cara ini.

4. Apakah aman untuk menerima kiriman dari China?
Aman. Virus hanya mampu bertahan hidup di dalam sel yang hidup. Jika sudah di luar sel hidup, virus tidak bisa bertahan di permukaan benda dalam jangka waktu yang lama.

5. Apakah hewan peliharaan dapat menularkan virus?
Sampai saat ini, belum ada bukti yang menyatakan bahwa hewan peliharaan bisa menularkan virus covid-19. Disarankan untuk tetap cuci tangan setelah menyentuh hewan karena bakteri bisa menempel di tangan dan bisa menyebabkan penyakit jika tidak dibersihkan.

6. Apakah vaksin pneumonia efektif menghadapi virus ini?
Vaksin pneumonia tidak efektif menghadapi virus ini. Vaksin khusus untuk virus corona masih dalam pengembangan.

7. Apakah mencuci hidung dengan saline (air garam) bisa mencegah penyebaran virus?
Salah satu manfaat air garam adalah mengatasi hidung tersumbat dan sinus yang bisa disebabkan oleh pilek, flu, atau alergi. Mencuci hidung dengan air garam membantu menjaga saluran hidung terbuka, menghilangkan lendir kental atau yang sudah mengering, membersihkan sinus, mencegah penyebaran infeksi dan membuat hidung terasa lebih nyaman.

Sedangkan untuk mencegah penyebaran virus, mencuci hidung dengan air garam belum terbukti mampu mencegah penyebaran virus corona.

8. Apakah memakan bawang putih bisa mencegah infeksi?
Bawang putih memang mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang berguna untuk kesehatan. Bahkan, bumbu yang berbau khas ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja sel darah putih dalam memerangi virus penyebab batuk dan pilek. 

Namun hingga saat ini belum ada bukti bahwa bawang putih dapat mencegah infeksi COVID-19. 

9. Apakah minyak wijen dapat membunuh virus?
Tidak. WHO menyatakan bahwa desinfektan kimia yang terbukti membunuh virus adalah desinfektan yang berbahan pemutih/klorin, pelarut eter, etanol 75 persen, asam perasetat dan kloroform.

Namun WHO hanya menganjurkan penggunaan bahan kimia ini hanya untuk digunakan di permukaan saja, dan tidak pernah menaruh bahan kimia ini di kulit Anda atau di bawah hidung Anda karena tidak akan berdampak pada virus dan sangat berbahaya.

10. Apakah antibiotik bisa mencegah dan membunuh virus corona?
Tidak. Corona baru adalah virus dan bukan bakteri. Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengobatinya.

Itulah beberapa mitos Virus Corona, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda terhadap informasi pencegahan virus Corona yang belum terbukti benar.

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/longform/gaya-hidup/20200313/laporan-mendalam-rumus-melawan-virus/mengantisipasi-corona-di-luar-negeri.html