BijakFun

Hebat! Seorang Disabilitas Bekerja Keras Sebagai Penjahit Untuk Hidupi 6 Anaknya

Yoseph Loku Sang Pekerja Keras yang Memiliki Disabilitas Menjadi Penjahit untuk Hidupi dan Sekolahkan 6 Anaknya

2,137  views

Kamibijak.com, Hiburan – Yoseph Loku seorang Disabilitas yang sering dipanggil Yos tinggal di Kota Maumere, Kabupaten Sikka bekerja keras sebagai penjahit dengan istrinya untuk menghidupi keluarganya. Yos adalah warga kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka. Yos mengalami keterbatasan fisik dan menjadi Disabilitas karena saat kecil ia jatuh dari tempat tidurnya yang saat itu Yos berusia 2 tahun. Meski menjadi Disabilitas, Yos tidak ingin menjadi pengemis.

Yos memiliki 6 anak dengan istrinya dan semua anaknya disekolahkan oleh Yos. Anaknya ada yang sudah kuliah di IFTK Ledalero dan Unipa Indonesia, selain itu ada yang masih SMA, SMP, dan SD. Semua anaknya dibiayakan sekolahnya oleh Yos.

Keseharian Yos setiap harinya ia menjahit pakaian pesanan pelanggannya yang berlokasi di lantai 2 Pasar Tingkat Maumere. Yos menjahit setiap hari dari pagi hingga sore hari, bekerja sebagai penjahit ini sudah Yos lakukan sejak tahun 2000 hingga sekarang.

Yos belajar untuk menjahit di Makassar saat ia sedang merantau ke Makassar. Yos memutuskan untuk merantau karena ia ingin bekerja keras dan patah menyerah walaupun ia memiliki kekurangan fisik. Saat merantau di Makassar ia belajar menjahit dan di beberapa tempat di Maumere dan juga ikut kursus. Tahun 2000 Yos dan istrinya memutuskan untuk membuka usaha jahit sendiri. Sejak buka ia bekerja dengan istrinya tetapi istrinya kerja dari rumah karena Yos ingin istrinya untuk kerja sambal menjaga anak-anaknya. 

Yos menjahit semua pesanan mau laki-laki atau perempuan ia pasti kerjakan. Yos juga bekerja sama dengan desa-desa kalo ada yang ingin menjahit pakaian dinas bisa di tempat dia. Ia berkata, ia dan istrinya selalu bersyukur karena selalu dapat berkat dari apa yang sudah mereka kerjakan. (Zeva/MG)

Sumber: Pos-kupang.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.