BijakFun

Hebat! Empat Difabel Indonesia Ini jadi Pebisnis Sukses

Memiliki kekurangan itu bukan halangan untuk meraih kesuksesan. Berikut 4 teman disabilitas yang mampu menjadikan kekurangannya inspirasi bagi sesama

676   views

Kamibijak.com, Hiburan - Menjadi penyandang disabilitas bukan berarti tidak mampu meraih mimpi atau menjalankan kegiatan layaknya non disabilitas. Malahan dari kekurangannya itu, ada disabiltias hebat yang mampu menjadi berkah bagi orang lain.

Kami ulas empat pengusaha penyandang disabilitas di Indonesia yang sukses dalam bisnis. Kesuksesan mereka tidak diraih dengan mudah. Dibully, diremehkan, bahkan dikucilkan pernah dirasakan. Namun mereka menjadikan kekurangannya itu sebagai kekuatan hingga menginspirasi banyak orang.

Berikut ini empat pengusaha penyandang disabilitas berhasil menjadi pebisnis sukses.

1. Habibie Afsyah
Habibie adalah seorang pebisnis online yang terlahir dengan kelainan pada saraf motorik. Ia mengidap Muscular Dystrophy Progressive. Selama hidupnya, Habibie Afsyah harus menggunakan kursi roda dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Dibalik keterbatasannya, Habibie Afsyah memiliki kecerdasan di atas rata-rata orang normal. Setelah lulus SMA, orang tuanya memutuskan agar Habibie mengikuti kursus bidang internet marketing di Singapura selama tiga minggu.

Rupanya dukungan dan pengorbanan orang tuanya berbuah manis. Sekembalinya ke Indonesia, Habibie langsung daftar program affiliate business pada situs Amazon.

Kini, ia telah meraup pendapatan hingga sepuluh juta setiap bulannya. Ia pun mendirikan Yayasan Habibie Afsyah yang ditujukan untuk membantu sesama penyandang disabilitas agar mampu menemukan kemampuan terpendamnya.

2. Tarjono Slamet
Tarjono Slamet. Seorang pebisnis kerajinan kayu asal Pekalongan, Jawa Tengah ini kehilangan kaki dan fungsi jari-jarinya karena tersetrum listrik tegangan tinggi ketika bekerja sebagai pegawai PLN. Tarjono sempat terpuruk selama dua tahun lebih.

Ia berusaha bangkit dengan menyadari bahwa ia memiliki potensi lain di dunia bisnis. Pada tahun 2003, Ia mendirikan CV Mandiri Craft, usaha yang bergerak dalam pembuatan alat peraga pendidikan untuk anak-anak.

Usahanya berbuah manis dan berhasil menembus pasar ekspor seperti Australia, Malaysia serta Selandia Baru. Keuntungan Tarjono dari bisnisnya pun tak main-main. Ia bisa mendapat laba Rp 150 juta setiap bulannya.

Di tokonya, Ia juga mempekerjakan penyandang disabilitas yang menurutnya memiliki potensi dan semangat kerja lebih tinggi dibanding non disabilitas.
"Usaha ini terbangun karena keprihatinan saya pada para penyandang cacat," ujar Tarjono dikutip dari Kontan.co.id .

3. Fanny Evrita Rotua Ritonga
Wanita yang akrab disapa Fanny ini merupakan penyandang tuna daksa yang memiliki kelainan pada kakinya. Kini Ia menjadi pebisnis produk kecantikan dengan merk Thisable Beauty Care. Bisnis tersebut Ia rintis sejak 2016 silam.

Fanny mengakui dahulu dirinya sering dirundung oleh orang-orang disekitarnya. Fanny juga diberhentikan dari pekerjaannya di sebuah Bank di kota kelahirannya, Pontianak, Kalimantan Barat, karena persoalan seragam yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Ia pun mengadu nasib ke Jakarta. Perempuan kelahiran 1991 ini berusaha keras untuk menepis stigma dari orang-orang dengan prestasi yang dimiliki.

Berkat ajakan Angkie Yudistia yang merupakan CEO dari Thisable Enterprise, Fanny bersama teman-teman disabilitas lainnya berhasil meraih kesuksesan masing-masing.


4. Irma Suyanti
Wanita yang telah mempekerjakan lebih dari 2.500 karyawan di pabrik kesetnya ini merupakan penyandang disabilitas fisik yang menderita polio.

Tokoh difabel inspiratif yang satu ini memulai bisnisnya pada tahun 1999. Awalnya, Irma menjual produknya sendiri ke pasar dan tetangga sekitar rumahnya. Produk yang dijualnya mendapat sambutan positif dan kian hari penjualannya semakin meningkat.

Kini Irma Suyanti sukses meraih omzet ratusan juta setiap bulannya dari bisnis keset yang ia jalani.


Demikian empat tokoh disabilitas yang dapat menginspirasi teman-teman lainnya. Karena dalam meraih kesuksesan tidak memandang dari status difabel atau tidak, namun dengan memiliki semangat dan tekad yang kuat pasti semua mimpi dan cita-cita akan tercapai.

Sumber : https://koinworks.com/blog/tokoh-difabel-inspiratif-indonesia/

-----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

----

Tag: difabel sukses,daftar difabel sukses,disabilitas sukses,daftar disabilitas sukses,difabel indonesia,disabilitas indonesia,bahasa isyarat,belajar bahasa isyarat,bahasa isyarat indonesia,bisindo,berita bahasa isyarat,media,media bahasa isyarat,tuli,teman tuli,disabilitas,penyandang disabilitas,disabilitas indonesia,difabel,difabel indonesia,kamibijak