KabarBijak

Hati-hati Hoaks! Modus Panggilan Telepon untuk Cek Status Vaksinasi

Kabar hoaks, modus panggilan telepon untuk mengecek status vaksinasi Covid-19.

429  views

KamiBijak.com, Infosiana – Hati-hati jika ingin menerima panggilan telepon dengan nomor yang tidak dikenal. Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan adanya panggilan telepon untuk mengecek status vaksinasi Covid-19. 

Jika menekan angka tertentu saat menelepon, dapat menyebabkan ponsel terblokir sekaligus mencuri segala informasi perbankan yang tersimpan di ponsel.

Dilansir dari Kompas.com, informasi mengenai hal tersebut tidak benar adanya.

Tidak ada panggilan telepon untuk mengecek status vaksinasi. Masyarakat diimbau untuk waspada. Imbauan ini diunggah oleh akun Facebook. Berikut narasi selengkapnya:

"Baru saja, teman saya menerima telepon untuk menanyakan apakah dia telah divaksinasi. 

Jika dia sudah divaksin, tekan 1. 

Jika dia belum divaksinasi, tekan 2. 

Akibatnya, dia menekan 1. Ponsel diblokir, dan informasi PayMe dan perbankan online yang sering digunakannya ditransfer. 

Semua Orang Perhatian~ Cepat dan teruskan ke lebih banyak orang! Penipuan gaya baru".

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menegaskan, informasi panggilan telepon mengenai vaksinasi adalah hoaks atau tidak benar.

Nadia mengatakan, lembaga resmi pemerintah tidak pernah melakukan panggilan telepon untuk menanyakan status vaksinasi masyarakat.

"Lembaga resmi Pemerintah Indonesia tidak pernah melakukan panggilan menanyakan status vaksinasi warga," ujar Nadia, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Dengan pernyataan tersebut, Nadia menekankan bahwa informasi yang beredar di Facebook terkait panggilan telepon dengan modus mengecek status vaksin tersebut tidak benar sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten palsu atau hoaks. (MG/Nadia)

Sumber: Kompas.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.