KabarBijak

Hasil Pemilu Luar Negeri Segera Diumumkan, Berikut Informasinya

KPU akan segera berikan hasil Pemilihan Umum di luar negeri yang telah dilakukan berikut jadwalnya.

1,229  views

KamiBijak, Infosiana - Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri telah melakukan pemungutan hak pilihnya lebih awal dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Surat Keputusan KPU No. 122 tahun 2024 yang telah mengatur jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 di luar negeri. Pemungutan suara di luar negeri berlangsung secara bertahap menyesuaikan lokasinya mulai 5-14 Februari 2024. Seperti di Jepang, pemungutan suara telah berlangsung pada Minggu 11 Februari 2024. 

Jadwal perhitungan suara Pemilu 2024 di luar negeri telah diatur dan ditetapkan dalam Peraturan KPU (PKPU) No. 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu Umum. Perhitungan surat suara di luar negeri akan dilakukan bersamaan dengan perhitungan yang digelar di Indonesia pada 14 Februari 2024, dan akan dilakukan selama satu hari, dan apabila tidak cukup dilakukan dalam satu hari maka akan diperpanjang paling lama 12 jam tanpa jeda terhitung sejak berakhirnya hari pencoblosan. Perhitungan suara baik di luar negeri atau di dalam negeri, maksimal dilakukan satu hari setelah hari pencoblosan artinya sampai tanggal 15 Februari 2024. Aturan tersebut berlaku untuk pencoblosan di tempat pemungutan suara luar negri (TPSLN) dan surat suara keliling. Sementara itu, diketahui perhitungan suara di luar negeri menggunakan metode pos atau surat suara akan dikirim melalui pos kepada panitia. Berikut rincian jadwal pengumuman hasil Pemilu di luar negri: 

  • Perhitungan suara di TPSLN dan KSK: 14-15 Februari 2024
  • Penghitungan suara metode pos: 15-22 Februari 2024

Kemudian KPU akan melakukan rekapitulasi suara pemilih di luar negeri. Dari jumlah total suara akan digabungkan dengan suara pemilih di dalam negeri. Adapun tempat perhitungan suara di luar negeri biasanya dilaksanakan di kantor Perwakilan RI, atau di tempat yang sesuai dengan ketentuan negara setempat. (Faridz/MG)

Sumber: tempo.co

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.