BijakFlash

Hari Braille Sedunia, Ini Dia 3 Fakta Menariknya!

Beberapa fakta menarik tentang Hari Braille sedunia.

250  views

Kamibijak.com, FLASH – Hari Braille sedunia adalah peringatan yang penting bagi mereka yang disabilitas dalam penglihatan. Hari ini jatuh pada setiap tanggal 4 Januari. 

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Hari Braille sedunia yang dilansir dari harianhaluan.com,

  1. Bermakna

World Braille Day (Hari Braille Sedunia) sudah pasti memiliki makna yang sangat dalam kepada komunitas Disabilitas Netra. Louis Braille, seorang penemu huruf braille lahir tepat pada tanggal 4 Januari 1809 di Prancis. Ia mengalami kecelakaan dari penusuk jahitan toko baju zirah milik ayahnya. Akibatnya, ia harus kehilangan penglihatannya karena infeksi mata. 

Saat itu ia mengalami keterlambatan dalam pembelajaran di sekolahnya. Namun, ia cerdas dalam kembali membangun semangat hidupnya kembali setelah kejadian yang menyedihkan tersebut. Ia kembali semangat dalam menempuh pendidikannya dan berhasil meraih beasiswa France’s Royal Institute for Blind Youth.

Setelah lulus dari institusi tersebut, ia kembali untuk menjabat menjadi profesor di institusi yang sama. Braille juga gemar menjadi musisi sembari menyempurnakan projek penemuan Braillenya.

     2. Penemuan Braille

Saat menjalani perkuliahan, Braille membuat inovasi bagi disabilitas netra sepertinya. Ia membuat kode taktikal untuk membaca dan menulis secara cepat. Braille terinspirasi oleh penulisan malam milik Charles Barbier. Penemuannya ini pun akhirnya dinamai atas nama dirinya. 

Braille menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1852. Penemuannya pun kemudian diadopsi menjadi kurikulum di Prancis dan Amerika Serikat.

      3. Nilai Perayaannya

Hari Braille Sedunia adalah pengingat bahwa aksesibilitas dan kemandirian disabilitas netra sangatlah penting. Masih banyak sekali perusahaan seperti restoran, bank, dan bahkan rumah sakit yang belum menawarkan aksesibilitas yang mumpuni bagi disabilitas netra.

Peringatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat umum bahwa semua manusia berhak mendapatkan layanan, hak, dan akomodasi yang setara. (MG/Disha)

Sumber : harianhaluan.com

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, like, follow, dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.