BijakFun

Hampir 65% UMKM Dikelola Wanita, Ini Dia Sejumlah Tantangannya

Hampir 65% UMKM dikelola wanita, berikut pemaparan mengenai tantangan yang dihadapi

420  views

KamiBijak.com, Hiburan – Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 melihatkan jika 64,5% UMKM dikelola oleh wanita. Walau begitu, para pengusaha wanita ini masih ditemukan pada sejumlah tantangan yang buat bisnis mereka sulit untuk dikembangkan.

65% UMKM RI Dikelola Perempuan, Tapi Ini Masalahnya...

Founder Stellar Women Samira Shihab, menyebutkan jika tantangan yang biasanya dihadapi para pebisnis wanita adalah mulai dari permodalan, akses pengembangan keterampilan, pemasaran, tata kelola perusahaan, dan stigma sosial yang bisa menghabat bisnis mereka berkembang.

Diambil dari masalah ini, melalui platform komunitas Stellar Women dan Tjufoo sebagai brand aggregator yang berfokus pada pasar Indonesia, ia mendatangkan AKSI perempuan sebagai daya dorong keseteraan untuk peluang bagi bisnis mereka.

"Kami berharap program ini dapat lebih mengembangkan kewirausahaan perempuan yang membuka peluang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menginspirasi banyak perempuan lainnya untuk mengambil langkah berani dalam dunia bisnis," ucap Samira Shihab, Founder Stellar Women.

Program ini tentu juga diharapkan bisa lebih mengembangkan kewirausahaan wanita dan membuka peluang lebih luas bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan diikuti banyak wanita lainnya agar berani dalam dunia bisnis.

Bersamaan dengan masalah tersebut,TJ Tham Co-Founder dan Chied Executive Officer Tjufoo, menyebutkan AKSI Perempuan menawarakan pendekatan holistik dan support system untuk mengikuti womenpreneur tumbuh.

Berkontribusi Tinggi, UMKM Perempuan Justru Diterjang Banyak Kendala

Tahap awal program inkubasi bisnis AKSI Perempuan dimulai dengan acara bootcamp yang dibuka pada 1-2 Oktober 2022 untuk seluruh bisnis yang mendaftar. 

Tjufoo dan Stellar Women memiliki target sebanyak 5.000 womenpreneur dapat bergabung dalam AKSI Perempuan dan memulai pertumbuhan bisnisnya.

Lalu, 10 bisnis yang memiki potensi terbaik bakal mendapat panduan dan pendanaan dengan total miliaran rupiah. (MG/Dicky)

Sumber: cnbcindonesia.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.