BijakFlash

Hajatan Olahraga Yang Tepat Bagi Penyandang Disabilitas

Keterbatasan gerak bukan berarti penyandang disabilitas tidak berolahraga sama sekali.

377  views

KamiBijak.com, FLASH - Keterbatasan gerak bukan berarti penyandang disabilitas tidak berolahraga sama sekali. Pakar kedokteran olahraga, Michael Triangto, mengatakan penyandang disabilitas tetap bisa memainkan berbagai hajatan olahraga tergantung disabilitasnya. Menurut Michael Triangto, beberapa hajatan olahraga yang dapat dilakukan penyandang disabilitas adalah olahraga ringan, olahraga berulang, dan olahraga teratur dalam waktu tertentu.

“Kurva imunitas dan kesehatan tubuh seseorang yang berolahraga bila digambarkan seperti huruf J. Awalnya datar kemudian ketika berolahraga, maka imunitas tubuh semakin bagus penyakit dapat ditekan sampai ke bawah,” kata Michael Triangto.

Berikut hajatan olahraga yang tepat bagi penyandang disabilitas menurut Michael Triangto:

Mengayuh Kursi Roda
Bagi penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda atau yang tidak memiliki fungsi perut bagian bawah, Michael Triangto menyarankan untuk berolahraga dengan menggerakkan kursi roda ke depan dan ke belakang. 

Menggerakkan Tongkat Jalan
Kruk atau tongkat jalan, digunakan sebagai peralatan olahraga bagi penyandang disabilitas. Gerakan ini dapat dilakukan oleh penyandang disabilitas yang memiliki fungsi motorik tertentu pada organ tubuh tertentu.
Kruk atau tongkat jalan dapat digunakan bagi penyandang disabilitas.

Mengayuh Mini Cycle
Sepeda mini adalah alat olahraga statis berupa benda yang di pedal, seperti sepeda. Penyandang disabilitas fisik pasca stroke atau orang dengan keterbatasan gerak dapat menggunakan sepeda mini. Menurut Michael Triangto, sepeda mini bisa melatih bagian tubuh tertentu.

Menggunakan Sepeda Statis
Penggunaan sepeda statis sangat bermanfaat bagi penyandang disabilitas dengan keterbatasan gerak, seperti disabilitas netra. Olahraga ini cukup duduk di atas sadel sambil mengayuh sepeda dalam jangka waktu tertentu.

Penyandang disabilitas tidak perlu memaksakan diri atau berolahraga sampai mereka kelelahan. Pasalnya, menurut Michael Trionto, olahraga yang bermanfaat baik bagi penyandang disabilitas maupun non disabilitas adalah salah satu yang menerapkan prinsip dasar senam aerobik. (Michelle/MG)
Sumber: Tempo.co

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.