BijakFun

GIC 2023 Adakan “Kontes Robot Bantuan Hidup” Agar Mempermudah Disabilitas

Tujuan dari adanya “Kontes Robot Bantuan Hidup” agar disabilitas menjadi mandiri.

2,346  views

Kamibijak.com, Hiburan – Komite Eksekutif Global Innovation Challenge 2023 yang berbasis di Tokyo, mengumumkan akan mengadakan “Konten Robot Bantuan Hidup” yang digelar di GIC Tsukuba Innovation Center, Kota Tsukuba, Prefektur Ibaraki, Jepang, pada 2023 nanti dengan hadiah uang sebesar 1.000.000 dollar AS.

Kontes yang akan digelar pada bulan Mei-Juni 2023 mendatang ini bertujuan untuk kaum disabilitas lumpuh fisik agar bisa berjalan tanpa bantuan orang lain atau tanpa menggunakan kursi roda.

Kontes ini sendiri memiliki latar belakang, yakni, kenaikan jumlah orang yang membutuhkan bantuan dalam kehidupannya sehari-hari terus meningkat di dunia. Sementara, pengasuh atau penerima bantuan menerima beberapa beban seperti mental, fisik, dan keuangan. 

Penyelenggara kontes ini meyakini bahwa robot pendukung berjalan yang bisa digunakan baik di luar maupun di dalam ruangan ini tidak mengkhawatirkan aksesibilitas kaum disabilitas untuk menjalani kehidupannya. 

Ketua Komite Eksekutif GIC, Tatsufumi Kamimura, kerap memberikan komentarnya.

“Ini akan menjadi kali kedua kontes diadakan. Pada tahun 2021, kontes harus diadakan secara online karena pandemi COVID-19, tetapi kotes berikutnya pada musim semi 2023 akan diadakan di GIC tsukuba Innovation Center, di lapangan kontes yang akan menyerupai rumah biasa. Anggota komite juga menantikan untuk melihat teknologi baru apa yang akan dibuat kali ini. Kami berharap dapat menerima banyak entri dari banyak negara.” (MG/Alissa)

Sumber : antaranews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.