KabarBijak

Gerakan Ekosistem Inklusif, Sebuah Perwujudan Ekosistem Bagi Disabilitas

Resolusi tahun baru bagi disabilitas, Stafsus Presiden realisasikan Gerakan Ekosistem Inklusif.

136  views

Kamibijak.com, Infosiana – Angkie Yudistia, staf khusus Presiden RI dalam bidang sosial yang juga merupakan seorang Tuli, memperkenalkan sebuah perwujudan baru bagi disabilitas di Indonesia yang bernama Gerakan Ekosistem Inklusif.

Gerakan Ekosistem Inklusif ini sendiri merupakan bentuk perwujudan untuk membantu disabilitas di berbagai bidang, seperti ekonomi, informasi, vokasi, dan lain-lain.

“Gerakan Pewujudan Ekosistem Inklusif, artinya kami akan mewujudkan berbagai ekosistem seperti pendidikan vokasi, ekonomi, informasi, akses digitalisasi, beserta umkm penyandang disabilitas,” tulis Angkie dalam video yang ia unggah dalam Instagramnya pada Rabu, (19/01/2023) lalu.

Gerakan ini juga bertujuan untuk mengajak para disabilitas untuk turut berpartisipasi aktif dan merasakan manfaatnya.

Terdapat empat pilar Gerakan Ekosistem Inklusif yang juga disesuaikan dengan implementasi Peraturan Pemerintah No. 70/2019 perihal Rancangan Induk Penyandang Disabilitas (RIPD):

  1. #RumahDigitalDisabilitas
  2. #PusatPelatihanVokasiDisabilitas
  3. #DisabilitasBISAkerja
  4. #InkubatorUMKMdisabilitas

Angkie juga menulis bahwa detail dari Gerakan Ekosistem Inklusif akan segera diperbarui di akun Instagramnya @angkie.yudistia.

“Tunggu tanggal mainnya!” tutup Angkie dalam video pendek tersebut. (MG/Disha)

Sumber: Instagram @angkie.yudistia

 
Jangan lupa subscribe, komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    
 
Follow kami juga di sini: 
 
Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.