KamiBijak.com, Infosiana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan pendataan dampak gempa di Ambon. Data sementara hingga Jumat (27/9), jumlah korban tewas mencapai 23 orang.

Gempa di Ambon dengan magnitudo 6,8 tersebut terjadi sekitar pukul 06.46 WIB, Kamis (26/9). Parameter gempa berada sekitar 40 kilometer timur laut Ambon, Maluku dengan kedalaman 10 kilometer.

Diketahui pula, gempa susulan berkekuatan magnitudo 4,2 juga terjadi pada pukul 18.33 WIB. BMKG menyatakan pusat gempa susulan berada di kedalaman 20 kilometer. Sebelumnya, BMKG juga menyebutkan terjadi 66 kali gempa susulan. Dari puluhan gempa susulan, ada empat guncangan yang signifikan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, ada sejumlah bangunan dan infrastruktur yang rusak akibat gempa di Ambon. Diantaranya adalah satu jembatan, satu bangunan Rektorat Universitas Pattimura, dan satu Kantor Ketahanan Pangan Provinsi di Kota Ambon mengalami rusak ringan. Sementara itu, dua unit rumah rusak berat di

Desa Toisapu, Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon dan Gedung Pasar Apung Negeri Pelau,

Kabupaten Maluku Tengah juga mengalami rusak berat.

Data dari BNPB juga menyebutkan, gempa di Ambon menyebabkan kerusakan rumah di wilayah terdampak yang mencapai 171 unit. Rinciannya 59 rusak berat, 45 rusak sedang dan 67 rusak ringan.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2019/09/26/10584461/gempa-magnitudo-68-di-ambon-tak-berpotensi-tsunami

https://news.detik.com/berita/d-4723545/gempa-susulan-m-42-terjadi-di-ambon

https://news.detik.com/foto-news/d-4724147/potret-kerusakan-akibat-gempa-ambon-yang-tewaskan-23-orang


Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share.

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton. Like, follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.