KamiBijak.com, Infosiana. Gelombang Tsunami mengahanyutkan sebagian wilayah pesisir Serang, Pandeglang dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12) lalu.

Imbas dari insiden ini banyak warga yang kehilangan rumah juga anggota keluarga. Bencana yang datang tiba-tiba itu di akibatkan oleh erupsi Gunung Anak Krakatau. Erupsi Gunung Anak Krakatau ini sendiri sebenarnya sudah terjadi sejak Oktober 2018.

Lalu, apa yang menimbulkan tsunami? Seperti yang di Informasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG), terdapat material yang besar yang di muntahkan sehingga  menyebabkan longsor dan mendorong ke air laut.

Dorongan dari lonsor yang terjadi itu cukup besar sehingga berakibat tsunami dadakan. Bahkan tsunami ini tidak terdeteksi oleh seismograph di pos pengamatan gunung api.

Hingga saat ini proses evakuasi di Banten dan Lampung masih di lakukan dan jumlah korban semakin bertambah. Tercatat 429 orang meninggal dunia, 1.485 orang luka-luka dan 154 masih dinyatakan hilang.

Salah satu personel group Band Seventeen, yakni Bani (Bassis) dan Istri Vokalis Seventeen Dylan Sahara juga tewas dalam insiden ini. Di kabarkan bahwa Group Band Seventeen kala itu sedang mengisi sebuah acara dan ombak besar menghantam panggung hingga roboh tak terkendali.

Selain grup Band Seventeen masih ada beberapa artis yang juga menjadi korban dari insiden tsunami selat sunda. Yuk tonton video nya untuk info lebih lanjut!