BijakFlash

e-KTP untuk Penyandang Disabilitas Difasilitasi Kemensos

Kementerian Sosial mencoba membantu mengupayakan pemenuhan hak-hak penyandang Disabilitas

4250   views

KamiBijak.com, Flash – Melalui program ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial), Kementerian Sosial melakukan berbagai upaya pemenuhan hak-hak penyandang Disabilitas. Antara lain perekaman data kependudukan. Sebagai bagian dari kelompok rentan, penyandang Disabilitas kerap kesulitan mengakses pelayanan dan infromasi, sampai diskriminasi.

Baru-Baru ini, Sebanyak 9 orang Penerima Manfaat (PM) Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual Nipotowe di Palu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mendapatkan pendampingan untuk merekam data kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), dan akta kelahiran di Dinas kependudukan dan Catatan Sipil kota Palu dan Kabupaten Sigi.

“PM yang difasilitasi untuk merekam data kependudukan adalah PM yang akan segera menyelesaikan pelayanan di balai. Mereka menerima berbagai jenis bantuan dalam meningkatkan keberfungsian sosialnya,” kata Kepala Balai Nipotowe Syaiful Samad di Palu.

Syaiful menegaskan bahwa pihaknya berupaya agar seluruh PM memiliki e-KTP dan terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Pasalnya kepemilikan e-KTP sendiri begitu penting untuk mendapatkan seluruh layanan pemerintah. Dalam pencairan bantuan ATENSI yang disalurkan melalui Bank Mandiri misalnya, PM harus memiliki e-KTP agar dapat membuka rekening bank.

Akibat dengan adanya e-KTP juga dirasakan oleh seorang penyandang Disabilitas, Tri Suganda, dirinya tampak sumringah memegang e-KTP barunya. Menurutnya, dirinya begitu terbantu oleh kemensos yang menyediakan layanan cepat dan gratis.

“Saya berterima kasih kepada Balai Nipotowe yang membantu pengurusan e-KTP, begitu juga dengan Disdukcapil yang memberikan kemudahan dalam pelayanannya,” kata Mardin.

Perekaman data kependudukan terhadap PM ini merupakan kebijakan umum Kemensos, di mana 41 Unit Pelaksana Teknis Kemensos di Indonesia menjalankan tugas memastikan masyarakat miskin mendapat akses kepada bantuan pemerintah. Untuk program ATENSI berbasi residensial di Balai Nipotowe Palu ini sendiri, telah melayani 46 orang penyandang Disabilitas. (Joang/MG)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210801124437-25-674879/kemensos-fasilitasi-e-ktp-untuk-penyandang-disabilitas

#BijakFlash
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 
======================================
Tag: penyandang disabilitas,e-ktp disabilitas,e-ktp penyandang disabilitas,e-ktp disabilitas kemensos,kemensos,disabilitas,teman disabilitas,e-ktp,ktp elektronik,media ramah disabilitas,kamibijak,kamibijak.com