KabarBijak

DPR Amati Fasilitas Beasiswa untuk Mahasiswa Disabilitas

Haerul Amri membahas terkait beasiswa kaum disabilitas.

549  views

Kamibijak.com, Infosiana – Anggota Komisi X DPR Haerul Amri mengamati fasilitas beasiswa bagi mahasiswa kaum disabilitas. Menurutnya, harus ada pemenuhan fasilitas yang menjadi kebutuhan mereka agar bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus.

“Apa yang menjadi cita-cita mereka juga (harusnya) dapat berhasil dengan segala keterbatasan fisik yang mereka miliki. Tentunya, ini harus ada diskresi khusus bagaimana memberikan beasiswa khusus juga kepada keluarga kita yang berkebutuhan khusus,” ujar Haerul dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Ia juga menambahkan bahwa di Daerah Pemilihannya, Probolinggo, terdapat siswa-siswi SD kaum disabilitas yang usianya sudah menginjak 14 tahun tetapi masih berada di kelas 2. 

Menurut Haerul, kampus harus menemukan solusi dari kasus seperti ini, hal ini bertujuan agar teman-teman disabilitas bisa mendapatkan beasiswa meski usianya berbeda dengan mahasiswa lainnya. 

Ia juga berharap, beberapa kampus yang sudah menerapkan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) bisa mempraktikkan hal tersebut untuk teman-teman disabilitas.

Ia juga berharap PSDKU bisa lebih dirasakan oleh masyarakat di sekitar kampus. Karena itu, harus adanya pendekatan khusus kepada masyarakat sekitar, seperti contohnya pemberian beasiswa dengan persentase sekian persen kepada mereka. 

“Agar mereka masyarakat di daerah setempat khususnya daerah-daerah yang tidak mampu mengenyam pendidikan. Karena persoalan biaya ini bisa mendapatkan fasilitas khusus, dari rektor atau dunia akademiknya untuk masyarakat sekitar," ujar Politisi Fraksi Partai NasDem ini. (MG/Alissa)

Sumber : edukasi.sindonews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.