BijakFun

Dokter Peraih IPK Tertinggi Angkat Sumpah Dokter Layani Pasien Disabilitas

Dr. Satya Pramana, Peraih IPK Tertinggi Sumpah Layani Pasien Disabilitas

681  views

Kamibijak.com, Hiburan – Dr. Satya Pramana adalah peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada prosesi Angkat Sumpah Dokter Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) ke-51. Dr. Satya menceritakan pengalaman saat coass menangani pasien disabilitas dan mengungkapkan bahwa ia ingin memperdalam bahasa isyarat serta menjadi dokter yang fasih bahasa isyarat, Selasa (08/08/2023).

Keinginan Dr. Satya untuk melayani pasien disabilitas karena tidak semua dokter di Indonesia memahami bahasa isyarat. Kebanyakan dokter hanya memperhatikan gerakan mulut pasien disabilitas saja. Hal ini menjadi masalah yang cukup kompleks ketika di masa pandemi semua orang wajib memakai masker. Dr. Satya berkata “Kesetaraan bukan ketika seseorang mendapat pelayanan kesehatan yang sama. Melainkan ketika seorang dokter mampu menyesuaikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien. Seperti misal, adanya bungkus obat menggunakan huruf braille untuk tunanetra. Kemudian, mempelajari bahasa isyarat untuk pasien Tuli. Begitu juga dengan pelayanan disabilitas lainnya.”

Gagasan tersebut ditanggapi positif oleh ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMJ, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., dan juga ia menyatakan agar seluruh dokter lulusan UMJ dapat menguasai bahasa isyarat. Tidak hanya dari MPH UMJ, Dr. Satya juga mendapatkan tanggapan positif dari ketua umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus dosen FKK UMJ, Prof. Dr. dr. Moh. Adib Khumaidi. 

Dekan FKK UMJ, Dr. dr. Muhammad Fachri, Sp.P, FAPSR, FISR., menjelaskan tema yang diambil menggambarkan perjuangan mahasiswa kedokteran yang tidak mudah. Tetapi Angkatan 2017 yang telah mengangkat sumpah dokter meraih peringkat tertinggi nasional yaitu peringkat 6 dalam UKMPPD dan menjadi angkatan IPK tertinggi sepanjang FKK, yaitu dr. Satya Pramana dan dr. Rifa Aulia Ramadhanty dengan IPK 3.89. (Zevazan/MG)

Sumber: umj.ac.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.