KabarBijak

Dispar Sleman Dukung Kegiatan Outing Ramah Disabilitas

Dukungan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman terhadap kegiatan outing bagi disabilitas.

374  views

KamiBijak.com, Infosiana – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman memberi dukungan terhadap kegiatan outing bagi lembaga-lembaga sosial yang menangani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) atau disabilitas di destinasi wisata Sleman.

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan, di Sleman banyak terdapat destinasi wisata alam maupun buatan, serta desa wisata yang dapat digunakan PPKS untuk melakukan kegiatan outing.

"Kami siap untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan outing bagi PPKS atau penyandang disabilitas di destinasi wisata yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka," ujar Suparmono.

Sebelumnya pada Rabu (10/8/2022) Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memfasilitasi kegiatan outing bagi 105 PPKS dari berbagai jenis disabilitas beserta para pendamping dan pekerja sosial yang menggelar outing di objek wisata Kaliurang, Pakem, Sleman.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BRTPD yang memilih Kaliurang sebagai lokasi yang baik untuk kegiatan outing bagi PPKS," kata Suparmono.

Ia juga mengatakan, pada kegiatan PPKS mendatang Dispar Sleman beserta pemangku kepentingan Kaliurang dan destinasi lainnya, terus berupaya menjadi tuan rumah yang lebih baik.

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih mengatakan, kegiatan outing merupakan kegiatan pembelajaran di alam dengan tujuan menjadi ajang untuk memotivasi para PPKS atau disabilitas menjadi mandiri dan semangat untuk terus berjuang menggali potensi demi masa depan mereka.

"Kegiatan bersifat rekreatif dibutuhkan bagi PPKS agar lebih percaya diri, tidak minder, berani berbicara, dapat membangun kerja sama dan saling menghargai di antara teman dalam kelompok melalui permainan untuk melatih pikiran dan aktivitas fisik yang memiliki nilai positif," ujar Endang.

Endang mengapresiasi BRTPD yang telah menyelenggarakan kegiatan outing yang berkolaborasi dengan Balai Kesatuan dan Pengelolaan Hutan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY beserta Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Kepala BRTPD DIY Peni Sumarwati mengatakan, pandemi menyebabkan anak-anak jenuh sehingga kegiatan outing ini dapat berpengaruh pada kondisi psikologis sebagai PPKS. Ia juga mengatakan, kegiatan ini terdiri atas disabilitas daksa, Tuli, netra, dan grahita. (MG/Nadia)

Sumber: Suarajogja.id

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.