BijakFlash

Disabilitas Netra Dibantu Relawan, Ini Perbedaan Pendamping dan Teman Tandem

Penyandang disabilitas Netra kerap dibantu relawan, pendamping dan teman-teman tandem, berikut ini perbedaannya.

2,078  views

KamiBijak.com, Flash - Penyandang Disabilitas Netra biasanya mengalami kesulitan mobilitas, ataupun melakukan hal-hal yang melibatkan penglihatan. Dalam mengatasi kesulitan yang dialami tersebut biasanya teman disabilitas Netra memiliki seorang pendamping atau teman tandem yang membantunya dalam menjalani aktivitas.

Mengenal arti kata relawan bagi disabilitas, relawan umumnya membantu dalam kegiatan sosial dengan tujuan tertentu misal dalam bentuk kontribusi yang positif di masyarakat. Umumnya kegiatan relawan ini bersifat sementara dan tergantung pada kebutuhan dan kesepakatan disabilitas Netra dan biasanya tidak begitu akrab.

Arti pendamping bagi disabilitas pendamping dan relawan tentunya berbeda, pendamping ialah orang yang secara jelas mendukung dan memberi bantuan terhadap individu yang membutuhkan. Salah satu anggota dari Yayasan Mitra Netra, Juwita mengatakan, “Pendamping dapat membantu individu dalam mencapai tujuan tertentu atau membantu melewati tantangan yang dihadapi.” Pendamping Netra biasanya membantu dalam hal:

  • Menemani disabilitas netra bepergian jauh
  • Menjadi guru pendamping yang membantu siswa netra untuk belajar 
  • Membantu dalam kegiatan sehari-hari yang rumit, seperti pemeriksaan kesehatan atau ketika netra ingin membuka buku tabungan.

Juwita, menjelaskan definisi seorang teman tandem adalah mereka yang melakukan kolaborasi dan kerjasama untuk melakukan aktifitas demi satu tujuan yang sama. Umumnya teman tandem dibutuhkan sebagai pemandu dan ketika disabilitas netra melakukan kegiatan yang membutuhkan keahlian yang khusus seperti olahraga, bekerja, dan menjelajah alam, karena membutuhkan keahlian khusus tidak semua orang dapat menjadi teman tandem untuk disabilitas netra. (Faridz/MG)

Sumber: liputan6.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.