BijakFun

Disabilitas Daksa Cetak Sejarah Taklukkan Gunung Everest

Hari Budhamagar, disabilitas daksa tanpa kedua kaki berhasil mendaki Gunung Everest dan menjadi yang pertama dalam sejarah.

2,694  views

KamiBijak.com, Hiburan – Hari Budhamagar, disabilitas daksa yang mampu mendaki gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest tanpa kedua kakinya. 

Pria asal Nepal tersebut merupakan mantan tentara yang kehilangan kakinya pada 2010 saat bertugas di Afghanistan.

Ia kehilangan harapan untuk mendaki gunung saat pemerintah Nepal melarang orang yang kakinya diamputasi, buta, dan pendaki solo (tanpa tim) mendaki ke Gunung Everest pada 2017.

Pada 2018, terdapat petisi yang menggugat keputusan tersebut sehingga larangan dicabut. Oleh karena itu, Hari memutuskan untuk mendaki Gunung Everest.

Dikutip dari merdeka.com, Hari mengunggah cuitan di Twitter bahwa dirinya sedang berada di Everest. Setelah mewujudkan mimpinya tersebut, ia menjadi orang pertama tanpa kedua kaki yang berhasil menaklukkan Everest.

Hari mengaku, perjalanannya sangat sulit, tetapi ia juga bersyukur bisa mendaki Everest dan memenuhi mimpinya.

Baginya, seberapa besar ketidakmampuan dan tantangan, dengan pola pikir yang tepat apapun menjadi mungkin untuk dilakukan.

Hari dapat mewujudkan mimpinya, 13 tahun setelah kehilangan kedua kakinya tersebut. Sangat inspiratif ‘kan? (MG/Galuh)

Sumber: merdeka.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.