BijakFun

Disabilitas Asal Lampung Berkesempatan jadi Ketua KPPS

Salah seorang penyandang Disabilitas asal Lampung, memiliki kesempatan menjadi seorang Ketua KPPS.

1,174  views

KamiBijak.com, Hiburan -  Catur Pramono, salah seorang penyandang disabilitas asal Kota Sepang, Kecamatan Labuhan Ratu, Provinsi Lampung memiliki kesempatan untuk menjadi ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu. Pramono mengatakan walau dirinya memiliki keterbatasan fisik sebagai penyandang disabilitas daksa dan strabismus, tidak menghalangi dirinya agar bisa ikut serta dalam mempersiapkan kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu). 

“Di Pemilihan Umum tahun ini saya sebagai penyandang disabilitas diberi kepercayaan untuk menjadi Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 07, ”ujarnya. 

Diketahui ini bukan kali pertama Pramono ikut turun langsung sebagai Petugas KPPS, melainkan pada Pemilu 2019 lalu, dirinya pernah diberi kepercayaan menjadi petugas penginput data pemilih di tingkat Kecamatan. Walaupun Pramono dalam keterbatasan fisik tapi ia tidak merasa kesulitan dalam menjalankan tugas yang diberikan. “Tidak ada masalah meski memiliki keterbatasan, karena sudah terbiasa juga. Kemarin juga sudah menyebarkan surat undangan bagi pemilih dan malam ini akan ada simulasi pemungutan suara di TPS 07 Kelurahan Kota Sepang, Kecamatan Labuhan Ratu ini,” ujar Pramono. Ia juga menjelaskan bahwa adanya alokasi dari dana pemerintahan untuk petugas KPPS membeli vitamin agar tetap menjaga kesehatan pada saat Pemilu berlangsung. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung, telah mencatat jumlah pemilih disabilitas untuk Pemilu 2024 di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung sebanyak 35.335 orang. Tercatat pemilih disabilitas terbanyak ada di Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah 5.026 orang. (Faridz/MG) 

Sumber: antaranews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.