KabarBijak

Desa Birit Klaten Umumkan Jadi Desa Ramah Disabilitas!

Desa Birit, Kabupaten Klaten, mengumumkan bahwa dirinya menjadi desa disabilitas.

384  views

Kamibijak.com, Infosiana Desa Birit, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten mengumumkan bahwa menjadi desa ramah disabilitas. Pemberitahuan ini dipublikasikan di kantor Desa Birit, pada Sabtu 20 Agustus 2022. Namun ternyata, pada saat itu tidak hanya pengumuman Desa Birit saja menjadi desa ramah disabilitas, tetapi ada gelar produk UMKM karya disabilitas Klaten juga. 

Sukadi Danang Witono, selaku Kepala Desa (Kades) Birit, mengatakan bahwa desa ramah disabilitas di Birit itu merupakan hasil kolaborasi bersama Komunitas Satu Hati dan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Klaten. 

“Kebetulan di Desa Birit ada Komunitas Satu Hati di bawah naungan Bu Nina yang merupakan koordinator seluruh Jawa Tengah. Kemudian Birit ini menjadi salah satu desa miskin ekstrem di Klaten hingga mendapatkan pendampingan dari Balkesmas. Dari hasil diskusi, akhirnya diluncurkan desa ramah disabilitas,” ujar Danang.

Danang juga menambahkan bahwa ada sekitar 30 orang disabilitas di Desa Birit, sebagian dari mereka mengalami kondisi disabilitas ini akibat terkena gempa bumi pada 2006 lalu. 

Sebelum menjadi desa ramah disabilitas, Komunitas Satu Hati sudah rutin mengadakan pengobatan gratis dan pemberian nutrisi. Ternyata, warga yang mengikutinya pun tidak hanya dari Klaten melainkan dari Bantul, Sukoharjo, dan Karanganyar. 

Selain itu, ada pula posyandu khusus disabilitas pada program tersebut. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dissos P3APPKB) Klaten, M. Nasir, mengapresiasi pencanangan Birit sebagai desa ramah disabilitas. Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), terdapat 13.000 kaum disabilitas di sana yang berasal dari keluarga tidak mampu. 

Eko Swasto, selaku Ketua Perkeumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK), menjelaskan adanya program ini memberikan peluang bagi kaum disabilitas di Birit untuk berperan aktif membangun desa. (MG/Alissa)

Sumber : solopos.com 

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.