December for Survivor: Usaha dan Kerja Keras Jadi Bukti teman Disabilitas Bisa Setara

Yani sebagai teman Disabilitas memberikan bukti bahwa tidak perlu lagi ada diskriminasi terhadap teman Disabilitas

1066   views

Kamibijak.com, Ruang KamiBijak – Di Indonesia, kasus tentang Disabilitas yang belum mendapatkan hak-haknya masih banyak terjadi. Masih sering kita jumpai kasus diskriminasi hak terhadap teman Disabilitas. Sampai akhirnya, Presiden Jokowi menetapkan peraturan baru bagi teman Disabilitas. 

Setiap Tanggal 3 Desember adalah Hari Disabilitas Internasional, hari ini diperingati untuk memberikan dukungan dan perhatian, perlindungan dan pemenuhan hak-hak untuk teman Disabilitas. Hal ini dilakukan untuk menyetarakan hak-hak teman Disabilitas dengan teman non-Disabilitas. 

Lahirnya UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas maka kedudukan teman Disabilitas sebagai manusia yang bermartabat juga memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

Pada bulan Desember ini, sesuai tema December for Survivor, tim KamiBijak ingin mengangkat sebuah cerita yang diambil dari kehidupan nyata, tentang seorang teman Disabilitas yang memasuki lingkungan kerja yang di mana mayoritasnya adalah teman non-Disabilitas. 

Yani dalam video ini menjadi kaum minoritas karena dalam perusahaan tersebut ia sendiri sebagai teman Disabilitas. Yani sebagai pemeran utama dalam video ini membuktikan kepada perusahaan tersebut bahwa keterbatasan yang ia miliki bukan menjadi penghambat dalam proses ia bekerja. Dengan semangat, keyakinan dan ketekunan ia mampu menyetarakan kinerjanya dalam bekerja setara dengan teman non-Disabilitas. 

Beberapa waktu telah berusaha dan berjuang, akhirnya Kepala HRD melihat progres yang diberikan oleh Yani dalam bekerja. Akhirnya Kepala HRD perusahaan tersebut membuat keputusan untuk menetapkan Yani sebagai pekerja tetap dalam perusahaan tersebut. 

Dari video yang dibuat oleh tim KamiBijak ingin memberi kesadaran kepada teman non-Disabilitas untuk tidak memandang teman Disabilitas dengan sebelah mata. Dalam video ini juga diperlihatkan bagaimana usaha Yani untuk terus berusaha agar dirinya diterima dalam perusahaan itu. (KEI/MG)

Sumber: Naskah dan shooting per Senin 21 Desember 2020


#KabarBijak
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara


Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel 

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom 
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram 
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 


Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.


==============
TAG(S): disabilitas,kesetaraan,disabilitas inspiratif,teman disabilitas,hak kesetaraan disabilitas,difabel,kesetaraan difabel,hari disabilitas internasional,media disabilitas,teman tuli,kamibijak,kami bijak