BijakFun

Cerita Inspiratif Galuh, Talent Creative Telkom dengan Segudang Prestasi

Galuh gemar mengikuti perlombaan hingga mendulang prestasi.

102  views

KamiBijak.com, Hiburan – Galuh Puteri Pangesti, seorang talent creative di Wilayah Telkom Indonesia Regional Jawa Tengah mendulang segudang prestasi. Sejak kecil, Galuh gemar mengikuti perlombaan dalam berbagai bidang.

"Dari SD tuh sudah seneng ikut lomba, baik olahraga, seni, maupun akademik. Tapi, pas SD masih random semuanya aku ikut semua gitu. Dulu banyak banget koleksi piagam soalnya yang bisa disimpan ya piagam, untuk medali dan piala disimpan oleh pihak sekolah," jelas Galuh dikutip dari cnbcindonesia.com.

Hingga tingkap SMP, Galuh sering mengikuti beberapa ajang perlombaan. Hanya saja kegiatan ini mulai difokuskannya dalam bidang olahraga, yaitu pencak silat dan bola voli.

Namun, saat menyelesaikan pendidikan di bangku SMP, Galuh mengalami kecelakaan berat yang membuatnya kehilangan salah satu kakinya. Karena kecelakaan tersebut, ia berpikir tidak akan bisa lagi melakukan aktivitas favoritnya.

Meski demikian, Galuh pantang menyerah dan memiliki niat yang kuat untuk terus mencari tahu olahraga yang ramah untuk disabilitas.

"Aku cari-cari olahraga apa ya kira-kira, yang cukup ramah buat aku yang masih newbie jadi penyandang disabilitas dan ketemulah renang. Dari situ aku belajar dari 0 banget, karena jujur dari kecil nggak pernah bisa renang," terangnya.

Setelah ia mahir berenang, Galuh kemudian bergabung dalam salah satu klub di daerah Solo. Seiring berjalannya waktu, ritme kehidupan yang lama kembali dan pertandingan demi pertandingan ia ikuti hingga mengukir prestasi.

Puncaknya, Galuh mendapat medali perunggu kejuaraan renang yang diselenggarakan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia 2017 dan dua medali perak di Pekan Paralympic Provinsi Jateng 2019.

Waktu terus berjalan hingga Galuh harus menetapkan dirinya untuk masuk ke dunia profesional. Namun, Galuh berpikir tidak akan mudah bagi dirinya untuk bisa menjadi orang kantoran.

Rasa pesimisnya tersebut ia lawan dengan semangat. Layaknya para pencari kerja lainnya, Galuh pun mulai menebar CV-nya ke berbagai perusahaan, termasuk ke Telkom untuk menjadi calon agent 147.

Tidak disangka, lamarannya ke Telkom Jawa Tengah sebagai calon agent 147 berproses hingga tahap wawancara.

Pada saat wawancara, ia menyatakan memiliki keahlian lain di bidang kreatif, seperti Adobe Family, desain, hingga editing video. Akhirnya, Galuh pun masuk ke dalam tim desain dan sejak 2018 ia diberikan mandat untuk mengomandani Divisi Kreatif Telkom Regional, Jawa Tengah.

"Aku kadang masih suka tanya sama diri sendiri, beneran nggak sih aku dipercaya oleh IndiHome untuk kerja di sini? Kok mereka percaya ya sama aku buat ngasih kerjaan ini? Karena jujur kepercayaan yang mereka kasih buat aku itu salah satu hal yang bikin aku ingin kasih kualitas pekerjaan yang bagus terus," tegasnya.

Setelah menjalani aktivitas perkantoran yang sibuk, Ia mengaku tetap meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas kegemarannya seperti berolahraga. Selain berenang, dia juga mengikuti olahraga tinju.

Meski sempat merasa sangat terpuruk dan berputus asa, ia mengakui masih cukup beruntung berkat kehadiran orang-orang terdekatnya.

"Bersyukur banget selalu dipertemukan dengan orang-orang baik, yang selalu kasih aku ruang dan kesempatan buat nyoba banyak hal-hal baru dan selalu percaya kalau aku bisa ngelakuin semuanya, bahkan dengan keterbatasan yang aku punya," lanjut dia.

Galuh mengaku tidak ada diskriminasi sejak bergabung di Telkom Regional Jawa Tengah pada Desember 2017 lalu. Ia juga mengaku selalu mendapatkan apresiasi jika melaksanakan tugas dengan baik.

"Peluang untuk berkembang secara adil baik dari kesetaraan gender dan disabilitas merupakan nilai luhur yang dipegang Telkom. Begitu juga dengan nilai empowering society di lingkungan kerja yang sudah diterapkan IndiHome sebagai bagian dari TelkomGroup adalah membuat lingkungan kerja yang saling care, collaborate, dan contribute," terang Galuh.

Galuh juga mengatakan, bercita-cita mempunyai Art Gallery yang bisa digunakan semua orang dengan gratis. (MG/Nadia)

Sumber: Cnbcindonesia.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.