BijakFun

Cerita Aris dan Rusydiana Berikan Peluang untuk Disabilitas Bekerja

Aris dan Rusydiana memiliki usaha konveksi dan ingin memberikan kesempatan pada disabilitas untuk bekerja di tempatnya

90  views

KamiBijak.com, Hiburan – Muhammad Arif Syaifuddin yang dikenal Aris dan Muta’aliliqu Rusydiana, dua pasangan pengusaha ini ingin memberikan peluang disabilitas untuk bekerja. Suami Istri ini memiliki bisnis di bidang konveksi.

Kisah Aris dan Rusydiana Jalankan Usaha Bersama Penyandang Disabilitas

Pasangan ini sudah mempekerjakan Syitha dan Devi dua orang Tuli yang bekerja di workshop konveksi Arsyadina.

Di Usaha Konveksinya, Aris dan Rusydiana memiliki 25 pegawai yang bekerja, sebanyak 11 orang diantaranya adalah disabilitas, 9 dari Teman Tuli dan 2 Tunagrahita.

Keinginannya untuk mempekerjakan disabilitas, berawal dari, terdapat karyawan dari Blora, Jawa Tengah bercerita terkait konveksi di desanya yang diisi banyak disabilitas. Mulai dari cerita itu Aris mulai memberdayakan disabilitas.

Pertengahan 2022, Aris beserta istri mendatangi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Surabaya, untuk mencari pekerja disabilitas yang masuk kriteria. Kedua disabilitas yang masuk kriteria keduanya Tuli dan langsung direkrut sebagai karyawan.

Para disabilitas yang mulai bekerja awalnya menjalani masa training dengan dua karyawan senior yang non disabilitas menjadi pembimbing.

Kisah Aris dan Rusydiana Jalankan Usaha Bersama Penyandang Disabilitas

“Karena sudah bisa menjalankan instruksi atau tugas dengan baik, (para difabel) kami kontrak selama satu tahun,’’ kata Aris.

Aris menyebut jika disabilitas tidak boleh dipandang sebelah mata, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan.

’’Bahwa penyandang disabilitas dianggap berbeda, itu hal yang wajar. Tetapi, mereka bisa memiliki semangat dan etos kerja yang lebih tinggi daripada kita yang normal,’’ ucapnya. (MG/Dicky)

Sumber: jawapos.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   
 
 

Terima kasih sudah menonton. Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.