Cendol, Minuman Asli Indonesia yang Nikmat dan Menyegarkan

Minuman asli Indonesia, cendol menjadi salah satu kuliner favorit yang menyegarkan.

145  views

KamiBijak.com, Jalan-Jalan Kuliner – Siapa yang tidak pernah mencoba cendol? Minuman asli Indonesia dengan rasa gurih dan manis membuat kuliner ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Berbahan baku utama tepung beras dan disajikan dengan es parut, gula merah, dan santan.

Cendol merupakan minuman tradisional khas Sunda di Jawa Barat sedangkan di Jawa Tengah lebih dikenal dengan nama dawet. Berdasarkan asal-usulnya, kata cendol atau jendol ini memiliki arti butiran-butiran hijau cendol.

Tidak hanya di Indonesia cendol sudah ternama di belahan dunia, khususnya Asia Tenggara. Seperti di Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand, cendol juga menjadi minuman favorit dengan nama yang saling berbeda satu sama lain.

Perkembangan kuliner saat ini membuat cendol memiliki variasi baru dalam segi rasa dan campuran. Kali ini tim KamiBijak mau mencoba Cendol Pandan Gula Malaka dari Oishi Cakery, Gading Serpong. Varian cendol yang dipesan ini lebih sehat karena tidak menggunakan santan. Hal ini juga cocok dijadikan menu untuk diet.

Rasa lembut butiran-butiran hijau cendol yang gurih, ditambah gula Malaka semakin menambah kelezatannya. Biasanya cendol disajikan dengan es yang cocok dinikmati saat cuaca panas.

Pada gerai Oishi Cakery terdapat variasi cendol dengan berbagai kombinasi rasa seperti cendol melon dan cendol cappuccino. Cendol ini ditawarkan dengan harga Rp 18.500. Bagi yang ingin menyeruput cendol Oishi Cakery, dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi pesan antar yang lebih praktis. (MG/Nadia)

Sumber: Review dan Dok. KamiBijak (07/09/22)

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel   

Follow kami juga di sini: 

 
Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.