BijakFlash

Cara-Cara Mengurangi Polusi Udara di Kota

Polusi Udara Sekarang Mulai Banyak, Simak Cara-Cara Mengurangi Polusi Udara di Kota

2,715  views

Kamibijak.com, Flash – Polusi udara adalah masalah yang umum terjadi di perkotaan. Namun, ada bermacam cara untuk mengurangi polusi udara di kota yang dapat kita lakukan. Dengan begitu, polusi tidak makin parah, udara kembali bersih, dan kesehatan makin terjaga. 

Bagi kalian yang bekerja atau tempat tinggalnya di daerah perkotaan polusi udara bukanlah hal yang asing. Dikarenakan asap kendaraan, asap rokok, limbah pabrik, debu, dan asap pembakaran sampah yang membuat udara menjadi tercemar. Kualitas udara yang buruk bisa membuat timbulnya penyakit, menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi mata, gangguan pernapasan, kanker paru-paru, bahkan kematian.

Agar polusi udara tidak semakin parah, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara di kota. Berikut cara-cara menguranginya:

  1. Gunakan transportasi umum

Asap dari kendaraan pribadi adalah salah satu penyebab utama kemacetan dan polusi udara di kota. Oleh Karena itu, lebih baik kita menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

     2. Gunakan sepeda atau jalan kaki

Lebih baik kita bersepeda atau berjalan kaki ketika lokasi yang ingin kita tempuh jaraknya dekat. Selain mengurangi polusi udara, kedua kebiasaan ini baik untuk tubuh kita.

    3. Hindari membakar sampah

Kebiasaan membakar sampah adalah hal yang buruk, hal ini merupakan salah satu penyebab pencemaran udara. Asap hasil pembakaran sampah berbahaya bagi kesehatan tubuh dikarenakan asapnya mengandung zat-zat beracun. Selain itu asap pembakaran sampah bisa membuat penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, gangguan jantung dan paru-paru, serta kanker.

    4. Jauhi rokok dan asapnya

Asap rokok adalah salah satu sumber polusi yang tidak boleh kita anggap sepele. Hampir sama dengan asap pembakaran sampah, asap rokok mengandung berbagai jenis bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan polusi udara.

   5. Batasi pemakaian listrik

Kebanyakan tenaga listrik di Indonesia masih diperoleh dari mesin pembangkit listrik yang menggunakan minyak atau batu bara, sehingga menciptakan asap dan polusi yang berlimpah.

   6. Pelihara lebih banyak tanaman

Kita juga bisa mengurangi polusi udara dengan cara memperbanyak tanaman di dalam rumah atau di sekitar rumah. Karena tanaman akan melepaskan oksigen dan menarik karbon dioksida dari udara yang membuat udara menjadi lebih segar. (Zevazan/MG)

Sumber: alodokter.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel
 
Follow kami juga di sini: 
 
 
Terima kasih sudah menonton.
 
Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.