BijakFun

Cafebilitas Bantu Berdayakan Disabilitas, Hingga Miliki Kemampuan dan Daya Saing Lebih

Bantu teman-teman disabilitas memiliki skill dan memiliki daya saing tinggi, bersama Cafebilitas.

93  views

KamiBijak.com, Hiburan -  Cafe yang terletak di antara pemukiman penduduk, tepatnya di desa Belian, Kota Batam, Kepulauan Riau, merupakan cafe dengan konsep resto dan agro dan merupakan cafe yang mempekerjakan karyawan penyandang disabilitas pertama di Kota Batam. Jika pada umumnya ketika masuk kedalam cafe disambut dengan sapaan verbal “selamat datang” ataupun ditawari menu pesanan yang ada, berbeda ketika kita berkunjung di Cafebilitas, kita akan disambut dengan sapaan dalam bahasa Isyarat. 

Muhammad Brillianson Hidayat, Pria muda dengan usia 19 tahun ini menjadi salah seorang konseptor dalam mewujudkan sebuah ide cemerlang Cafebilitas ini dengan brand Istana Jamur. Sebenarnya Bian telah berkeinginan memiliki Cafe dengan pekerja disabilitas sudah lama sejak 2018, namun tertahan karena virus Covid-19 yang menyebar. Menurut Bian, keterlibatan penyandang disabilitas dalam bidang usaha merupakan hal yang sangat baik, dan mampu menjelaskan bahwa mereka memiliki kapabilitas yang sama dengan orang non-disabilitas. Ia juga meyakini bahwa langkah ini bisa menjadi sebuah solusi bagi penyandang disabilitas yang kerap dipandang sebelah mata di lingkungan sekitar.

Saat ini Cafebilitas memiliki 5 orang karyawan disabilitas, yang terbagi, diantaranya seorang dengan disabilitas Tuli/Rungu sebagai tim Branding, Marketing dan Komunikasi media sosial. Seorang Barista dengan disabilitas Tuli/Rungu, seorang pelayan dengan disabilitas autisme, dan dua orang sebagai tutor atau pengajar bahasa isyarat. Tidak hanya mempekerjakan disabilitas saja, namun Cafebilitas juga membantu para pelajar dari sekolah luar biasa (SLB) yang bergabung untuk melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL), dilatih serta diajarkan kemampuan soft skill dan hard skill, hal ini dilakukan sekaligus untuk melatih diri agar siap terjun dalam dunia kerja.

Dengan hadirnya Cafebilitas di Kota Batam, Kepulauan Riau, menjadi model serta penggerak dan juga contoh yang baik untuk para penggerak usaha lainnya agar dapat juga membantu memberikan lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas, agar mereka juga menjadi pribadi yang unggul dan mandiri layaknya orang non-disabilitas. (Faridz/MG)

Sumber : antaranews.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat dalam membuat konten yang lebih bermanfaat.