BijakFun

Cafe Deaf Nunukan, Setara untuk Kaum Disabilitas di Kalimantan Utara

Cafe Deaf atau Kafe Tuli berdiri dari inisiasi dan semangat Winda Novitasari, berikut kelengkapannya.

507  views

KamiBijak.com, Hiburan – Café Deaf, atau Kafe Tuli, di Jalan Fatahilah Nunukan, Kalimantan Utara, berdiri dari inisiasi dan semangat Winda Novitasari. Ditemui di Café Deaf miliknya, Winda memiliki semangat untuk menepis adanya anggapan bahwa disabilitas merupakan aib, kutukan, dan memalukan.

“Lewat Café Deaf, saya berharap bisa menaikkan percaya diri para disabilitas dan mengkampanyekan kesetaraan,” ujar Winda dan diterjemahkan ibunya Barnece, Senin (7/2/2022). Ia menekuni pendidikannya di bidang desain busana, dan mendirikan Winda Fashion pada 2015.

Selain itu, beragam prestasi mentereng ia raih, masing masing, pada 2017, Winda mendirikan rumah Kreatif Tuna Rungu Nunukan. Kiprahnya tidak hanya di kelas domestik, bahkan di kancah nasional, Winda pernah meraih juara 1 kontes model Indonesia pada 2020. Pada 2021, nama Winda keluar sebagai juara 2 nasional fotogenik disabilitas. Bahkan di bidang olah raga, Winda membuktikan diri dengan meraih medali perak dalam lari estafet Peparnas Papua 2021.

Bahkan ornamen hiasan atap, bunga penghias meja, dan rumahan lampu juga semuanya adalah buatan tangannya. Selain itu, untuk terus memerangi stigma disabilitas Winda memiliki program berbagi. 

Setiap Jumat, ia akan memasak makanan untuk disedekahkan bagi masyarakat yang membutuhkan dan berhak menerima bantuan. 

"Kita semua setara, kekurangan yang ada pada kaum disabilitas bukan berarti tidak bisa berdaya melainkan tantangan untuk pembuktian diri," tuturnya. (Sonia/MG)

Sumber:  https://regional.kompas.com/read/2022/02/08/174053878/cafe-deaf-nunukan-panggung-setara-untuk-kaum-disabilitas-di-perbatasan?page=2

#BijakFun
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel    

Follow kami juga di sini: 
Website: http://bit.ly/KamiBijakcom   
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram   
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook  
TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok   

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.