Lewati Iklan malesbanget.com

Bukan Rematik Biasa, Ini Cara Deteksi Dini Penyakit Artritis Rematoid

Meskipun sering penyakit rematik, penyakit sangat berbahaya dan dapat memicu kecacatan. Mari kenali penyakit Artritis Rematoid dengan cara deteksi

138   views

Kamibijak.com, Hiburan - Penyakit Artritis Rematoid dan Osteoartritis lebih dikenal sebagai rematik. Meskipun namanya mirip, kedua penyakit ini sangat berbeda.

Penyakit Osteoartritis secara umum diderita oleh orang yang berusia lanjut karena sendi yang melemah. Sementara artritis rematoid disebabkan karena terganggunya sistem kekebalan tubuh dan infeksi virus Epstein Barr (EBV).

Rudy Hidayat selaku dokter rematologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang juga menjabat Sekretaris Jenderal IRA menjelaskan bagaimana cara mendeteksi secara dini penyakit Artritis Rematoid. Pertama, Periksa sendiri jika terdapat gejala awal tanda peradangan.

Penyakit AR dapat menyebabkan peradangan di lebih  dari 3 sendi. Sendi akan terasa kaku di pagi hari selama lebih dari 60 menit, dan jika gejala berlangsung selama lebih dari enam minggu bisa dicurigai terkena penyakit AR.

Rudy menambahkan, peradangan sendi akibat penyakit Artritis Rematoid dapat dikenali dari 5 tanda, diantaranya sendi berwarna merah, terasa nyeri, terjadi bengkak, terasa hangat, dan terjadi gangguan fungsi.

Cara deteksi dini yang kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan minimal ke dokter ahli penyakit dalam jika tidak ada dokter rematolog.

Langkah berikutnya adalah mengamati berjalannya penyakit AR dikarenakan penyakit ini tidak dapat disembuhkan, sehingga pengobatannya dilakukan dengan cara melakukan remisi atau pengurangan dampak penyakit.

Selalu lakukan pemeriksaan dan amati penyakit AR agar senantiasa terkontrol, hal ini dilakukan supaya kerusakan sendi akibat AR dapat dicegah dan tidak terjadi komplikasi berupa kecacatan.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150316132809-255-39432/cara-deteksi-dini-penyakit-artritis-rematoid
----
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

tag: artritis rematoid,penyakit artritis rematoid,penyebab artritis rematoid,penyebab penyakit artritis rematoid,rheumatoid arthritis,rheumatoid arthritis adalah,penyebab rheumatoid arthritis,penyakit rheumatoid arthritis,kamibijak,infosiana