Budi Sumarno: Belajar Stop Motion Animation Untuk Teman #DisabilitasTidakCengeng

Budi Sumarno, seorang pendiri Inklusi Film Indonesia. Budi, mengajarkan kita bagaimana membuat stop motion agar selalu produktif dirumah. Yuk simak!

653   views

Kamibijak.com, Bincang Isyarat – Budi Sumarno, adalah seorang pendiri Inklusi Film Indonesia yang membuat banyak sekali karya. Salah satu penulis cerita Negeri Dongeng Oki-Nirmala dari Majalah Bobo untuk sinetron yang diproduksi oleh Shandika Widya Cinema dan ditayangkan di TV7 ini adalah juga penyuka film Petualangan Sherina yang dinilai bagus, baik dari segi naskah maupun film.

Budi mengatakan banyak sekali pengalaman menarik selama melakukan proses pembuatan film, salah satunya saat melakukan film horror. Saat itu, di dalam lokasi syuting, muncul hal-hal misterius.

Selain membuat film, Budi juga membuat stop motion. Menurut Budi, tipe-tipe stop motion itu ada enam, yaitu cut of animation, clay animation, puppet animation, direct animation, pixilation animation, dan graphics animations.

Yang diperlukan dalam membuat stop motion adalah gagasan, handphone, aplikasi Stop Motion Studio atau yang lainnya, dan terakhir objek yang akan dibuat animasi, seperti kertas, boneka, benda di rumah, dan sebagainya.

Pertama, kembangkan ide dan konsep cerita, tahapan ini disebut pra produksi. Di tahap ini menentukan bagaimana alur ceritanya, buatlah storyboard agar membantu kamu dalam proses syuting nanti. Pikirkan mau menggunakan objek apa, lakukan sketsa karakter yang diinginkan.

Kemudian, tahap kedua adalah persiapkan set cerita stop motion kamu dengan menambahkan lighting, kamera dan kebutuhan-kebutuhan yang kamu perlukan.
Ketiga, lakukan pemotretan objek yang kamu siapkan dengan melakukan Frame Per Second (FPS).  Semakin tinggi angka FPS, maka semakin bagus pula pergerakan gambarnya.

Keempat, gabungkan foto-foto ke aplikasi Stop Motion Studio di handphone kamu. Dalam melakukan stop motion butuh kesabaran yang tinggi agar menciptakan stop motion yang bagus. Tetap berkarya di rumah, kreatifitas tidak boleh mati. Selamat mencoba.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=1gAwx...
#BincangIsyarat
#KamiBijakChannel
#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar dan share.
KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel

Follow kami juga di sini:
Website:http://bit.ly/KamiBijakcom
Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram
Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.

==============