KabarBijak

BPJS dan Lima Perusahaan Membuka Kesempatan Magang untuk Disabilitas

BP Jamsostek dan kelima perusahaan binaan memberikan kesempatan magang untuk penyandang Disabilitas sesuai dengan UU Disabilitas

1,202  views

Kamibijak.com, Infosiana – BPJS Ketenagakerjaan memberikan peluang bekerja untuk teman-teman Disabilitas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesempatan dan kesetaraan bagi tenaga kerja inklusif. 

Program yang bertema Inclusive Job Center ini adalah kerjasama Bappenas dengan Pemerintah Jerman lewat GIZ serta BP Jamsostek. BP Jamsostek ditunjuk sebagai pelaksana piloting pengembangan pusat ketenagakerjaan inklusif. 

“Tujuan utama dari pusat ketenagakerjaan inklusif adalah BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi jembatan penghubung antara penyedia dan kebutuhan yakni lapangan kerja dan tenaga kerja penyandang disabilitas,” kata Kepala Kantor BP Jamsostek yang dikutip dari pikiranrakyat.com. 

Lowongan kerja untuk teman Disabilitas ini akan dibuka oleh BP Jamsostek yang bekerjasama dengan lima perusahaan binaan, yaitu PT Hung A Indonesia, PT Mattel Indonesia, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia, PT Sanoh Indonesia, dan PT Toyo Denso Indonesia.

“Diharapkannya dengan adanya sosialiasasi ini, perusahaan dapat ikut berkontribusi dalam memberikan kesempatan kerja kepada penyandang disabilitas,” jelasnya.

UU No. 8 Tahun 2016 tentang penyandang Disabilitas mengatur tentang kesempatan kerja bagi penyandang Disabiltas. Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa dalam sektor publik paling sedikit dua persen karyawan Disabilitas dan bagi sektor swasta paling sedikit 1 persen dari total karyawan yang ada.

Untuk menerapkan undang-undang tersebut, pihaknya memberikan kesempatan magang bagi teman-teman Disabilitas. Jadi tak hanya mendorong perusahaan binaan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk bergabung dengan BP Jamsostek. 

Cikarang menjadi satu dari keenam kantor cabang BP Jamsostek yang menjalankan program tersebut. Keenam cabang ini juga memberikan kesempatan magang untuk teman Disabilitas di kantor BP Jamsostek.(KEI/MG)

 

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-013255802/ada-job-center-khusus-penyandang-disabilitas-ada-peluang-untuk-magang 

 

#KabarBijak

#KamiBijakChannel

#GenggamDuniaTanpaSuara

Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share. 

KamiBijakID Channel: http://bit.ly/KamiBijakIDChannel  

Follow kami juga di sini: 

Website: http://bit.ly/KamiBijakcom  

Instagram: http://bit.ly/KamiBijakIDInstagram  

Facebook: http://bit.ly/KamiBijakIDFacebook 

TikTok: http://bit.ly/KamiBijakIDTikTok  

Terima kasih sudah menonton, Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.