BijakFun

Bonita Hana, Makeup Artist Disabilitas yang Inspiratif

Kisah Bonita Hana, makeup artist disabilitas asal Bandung yang menginspirasi.

1,039  views

KamiBijak.com, Hiburan - Wanita disabilitas pengguna kursi roda, Bonita Hana, 38 tahun asal Bandung ini berbakat dalam bidang make up artist. Dia mulai tertarik make up sejak kelas 4 SD. Berawal dari sering me-makeup anak-anak tetangga untuk acara menari dan juga sepupu untuk wisuda, akhirnya di tahun 2018 dia bekerja secara profesional, setelah suami tiada. 

Awalnya Bonita berjualan kue dan brownies untuk membiayai hidup dirinya dan anak-anak, di mana kebetulan dia suka membuat kue. Lalu, dia mengikuti pelatihan makeup pengantin yang gratis, dia kembali bersemangat dan tertarik dengan makeup. Dia ikut berbagai lomba bahkan sampai ke tingkat nasional. Suatu hari dia berkenalan dengan Winda, salah satu juri. Saat itulah Bonita mulai dikenal dalam dunia makeup.

Bonita mulai menggunakan kursi roda sejak tahun 1998 saat berusia 6 tahun karena patah kaki akibat kecelakaan sepeda, kemudian divonis ada penyakit langka, Osteogenesis Imperfecta (OI) yakni kerapuhan tulang, tapi dia tetap semangat untuk menjalani hidupnya dan terus berkarya.

Bonita berharap, bisa adakan acara fashion show dengan kolaborasi disabilitas, misalnya model disabilitas, serta dia ingin membuka kelas make up untuk teman-teman disabilitas.

Berikut ini pesan inspiratif, Bonita mengatakan bahwa kita jangan memanjakan disabilitas, seperti terus menerus memberikan bantuan. Pelatihan diberikan untuk sekedar mengisi waktu kosong itu jangan. Disabilitas harus benar-benar mandiri. Intinya, jangan selalu memberi disabilitas ikan, tapi yang penting diberikan alat pancing, biarlah disabilitas sendiri dengan kreatif memanfaatkan alat pancing untuk menangkap ikan lebih banyak. Itu bagus untuk mengajari disabilitas mandiri. Semangat! (Restu)

Sumber: bisnis.com

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.