BijakFun

Batik Wistara Sejahtera, Wadah Karya Kreatif Disabilitas

Kisah Batik Wistara Sejahtera sebagai wadah karya kreativitas para penyandang Disabilitas di Surabaya.

204  views

KamiBijak.com, Hiburan - Batik Wistara Sejahtera yang didirikan oleh Aryo Setiawan pada tahun  2010 lalu, kini telah mempekerjakan banyak teman disabilitas. Berlokasi di di Jalan Tambak Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya, Batik Wistara ini memiliki corak khas Suroboyoan untuk memikat minat masyarakat Kota Pahlawan.

“Selain Suroboyoan, kita juga punya ciri khas khusus yakni, memiliki empat hingga tujuh motif batik dalam satu kain,” jelas Sumarni, Kepala Produksi.

Dalam satu hari, para penjahit di Batik Wistara mampu membuat 5 hingga 12 batik per anaknya. Semua dilakukan dengan keinginan sendiri dan tanpa paksaan dari manapun. Para pekerja di Batik Wistara terdapat para penyandang disabilitas Daksa dan Tuli.

“Semua kami terima dengan senang hati, meskipun cuma bisa setrika ataupun cuma bisa menyapu juga tetap kami terima,” papar Marni, sapaan karibnya.

Dia juga mengatakan jika ada yang keluar untuk coba bekerja di tempat lain, mereka mempersilahkan. Bahkan kebanyakan bisa membuka tempat permak sendiri.

“Biasanya yang sudah keluar tetap kami bolehkan kembali kesini kalau masih mau, ada juga yang sudah sukses buka usaha sendiri,” tegasnya.

Marni berharap supaya batik di Indonesia semakin pesat perkembangannya, tidak sampai hilang dari pengetahuan anak-anak sekarang.

“Semoga batik tetap lestari, kalau kita menggunakan cara agar batik tetap lestari dengan cara, mau bahannya naik harga, kita tetap usahakan harga jual di Batik Wistara tetap sama dengan kualitas yang sama,” tutupnya. (Restu)

Sumber: suarasurabaya.net

 
Jangan lupa subscribe, tinggal komentar, dan share.
 
Follow kami juga di sini:
 
 
Terima kasih sudah menonton.

Like, Follow, dan subscribe Anda sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat membuat konten yang lebih bermanfaat.